5 Tips Investasi untuk Pemula agar Tidak Rugi dan Tertipu agar Cuan di Masa Depan

- 3 Juni 2021, 21:04 WIB
Ilustrasi: Tips Investasi untuk Pemula, Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu
Ilustrasi: Tips Investasi untuk Pemula, Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu /pixabay/ nattanan

BERITA DIY – Akhir-akhir ini banyak anak muda yang mulai tertarik untuk melakukan investasi. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan para pemula sebelum mulai berinvestasi.

Kini sudah banyak jenis investasi yang dapat dipilih oleh anak muda yang tertarik untuk mempersiapkan keuangan masa depannya. Namun demikian, untuk memulai investasi perlu dilakukan sejumlah persiapan.

Tentu saja selain memperoleh keuntungan, jika tidak memahami seluk beluk investasi itu sendiri, maka bisa jadi risiko yang perlu ditanggung juga besar.

Oleh karenanya, berikut lima tips investasi untuk pemula yang telah dirangkum Berita DIY dari berbagai sumber.

Baca Juga: Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

  • Tentukan tujuan dari investasi

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai investasi adalah menentukan tujuan dari investasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk membangun komitmen untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan sehingga kamu dapat mencapai hal tersebut dengan tekun berinvestasi.

  • Perhatikan kondisi keuangan

Setelah mengetahui tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan, kamu perlu mengecek kondisi keuanganmu. Kamu harus menhitung pendapatan yang kamu terima, hutang piutang yang harus kamu lunasi, banyaknya kebutuhan yang harus kamu penuhi dan banyaknya ase yang kamu miliki. Hal ini untuk memastikan bahwa investasi ini tidak malah membuatmu menjadi sengsara.

  • Pelajari jenis dan seluk beluk investasi

Sudah menjadi kewajiban bagi para pemula untuk mempelajari jenis dan seluk beluk investasi hal ini untuk mengetahui hal-hal yang mungkin akan terjadi. Kamu harus benar-benar mengetahui kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan risiko yang mungkin akan kamu dapatkan saat memilih jenis investas tersebut. Beberapa jenis investasi yang dapat dipilih pemula adalah Reksadana, Saham, Emas dan Properti.

Baca Juga: Mengenal Reksadana, Investasi yang digandrungi Milenial Lengkap dengan Istilah, Jenis, dan Keuntungannya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x