Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

- 3 Juni 2021, 10:09 WIB
Pemberian penghargaan kepada salah satu BUMDes sebagai perwakilan patriot desa yang mendapatkan dukungan Shopee Center./Dok. PR Depok
Pemberian penghargaan kepada salah satu BUMDes sebagai perwakilan patriot desa yang mendapatkan dukungan Shopee Center./Dok. PR Depok /

BERITA SLEMAN - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Di tengah era yang semakin digital, pelaku UMKM tanah air pun semakin perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk mengembangkan usaha mereka. Tak jarang, adaptasi tersebut kerap dilakukan dengan membuka toko online, baik di media sosial atau aplikasi belanja online yang ada di Indonesia.

Sebagai salah satu aplikasi belanja online yang banyak diminati oleh penjual juga pembeli, Shopee senantiasa berupaya untuk mendukung pelaku-pelaku UMKM yang ada di dalamnya. Pada tanggal 2 Juni 2021, Shopee Indonesia resmi berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna mempercepat digitalisasi UMKM untuk mendorong ekonomi digital Jawa Barat.

Acara bertajuk “Shopee Center UMKM Jabar Go Digital” ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ye Gang selaku Co-founder dan Group Chief Operating Officer, Sea, yang merupakan induk perusahaan Shopee Indonesia, beserta Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga turut hadir dalam acara ini secara online.

Baca Juga: Pangdam IX Udayana Bersama dengan Shopee Indonesia Bantu Sediakan Air Bersih untuk NTT

Dalam kerjasama ini, Shopee berkomitmen untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM di Jabar untuk mendorong pemulihan ekonomi. Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui rencana pemberian bantuan berupa 5.000 perangkat komputer sebagai penunjang proses digitalisasi UMKM.

Berdasarkan data dari Pemprov Jabar, terdapat 4,5 juta UMKM yang tersebar di seluruh Jawa Barat dan menyerap lebih dari 8 juta tenaga kerja. Namun, belum semua UMKM tersebut berhasil memaksimalkan potensinya di ranah digital.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa kerjasama ini akan menjadi transformasi digitalisasi terbesar dan tercepat di Indonesia. Menurutnya, dengan kolaborasi ini, revolusi 4.0 di Jabar pun tidak setengah-setengah.

Penandatanganan papan simbolis Shopee Center oleh Shopee dan Pemprov Jabar./Dok. PR Depok
Penandatanganan papan simbolis Shopee Center oleh Shopee dan Pemprov Jabar./Dok. PR Depok

Ridwan Kamil juga berharap UMKM Jabar tidak hanya Go Digital, tapi juga Go Global dengan pelatihan dan program ekspor yang sudah dijalankan Shopee, sehingga selaras dengan tagline “Tinggal di desa, rejeki kota, dan bisnis mendunia.”

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X