Mengenal Reksadana, Investasi yang digandrungi Milenial Lengkap dengan Istilah, Jenis, dan Keuntungannya

- 24 Mei 2021, 14:47 WIB
Ilustrasi Investasi.
Ilustrasi Investasi. /Pixabay/Tumisu

BERITA DIY – Informasi lengkap mengenai reksadana seperti pengertian, jenis, dan keuntungan investasi melalui reksadana bisa dibaca melalui artikel ini. Investasi merupakan salah satu cara menambah keuntungan tanpa kerja tambahan.

Ada banyak macam dan jenis investasi yang bisa dilakukan baik investasi di sekotor riil maupun sektor non riil atau keuangan. Investasi di sektor riil bisa berupa investasi emas atau property. Sedangkan investasi non riil bisa berupa asuransi, saham dan reksadana.

Reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang ditujukan bagi investor pemula yang minim waktu dan tidak terlalu memiliki kemampuan dalam investasi. Sehingga reksadana merupakan kegiatan investasi yang cocok dilakukan bagi siapa saja.

Baca Juga: Biar Tidak Bergantung pada Suami, Berikut 7 Tips agar Perempuan Bisa Jago Investasi

Pengertian Reksadana

Mengacu pada Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995 reksadana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio Efek oleh Manajer Investasi.

Berdasarkan definisi itu, bisa dikatakan bahwa reksadana merupakan tempat atau wadah pengelolaan dana bagi investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Nantinya dana akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio investasi.

Manajer Investasi

Manajer Investasi merupakan pihak yang bertanggungjawab atas pengelolaan dana dari investor dalam berbagai penempatan instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito, dan ragam produk investasi lainnya, dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi para investor. Manajer investasi juga memutuskan saham yang akan dibeli, dijual atau dipertahankan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x