10 Cara Menghindari Jadi Korban Skimming ATM agar Uang Tidak Tiba-tiba Habis

- 24 Mei 2021, 11:45 WIB
Berikut Ini Cara Menghindari Jadi Korban Skimming ATM agar Uang Rekening Tidak Tiba-tiba Habis Dicuri.
Berikut Ini Cara Menghindari Jadi Korban Skimming ATM agar Uang Rekening Tidak Tiba-tiba Habis Dicuri. /GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Salah satu modus kejahatan yang paling sering menimpa dunia perbankan, khususnya yang menimpah nasabah ialah Skimming ATM.

Skimming ATM sendiri adalah suatu metode yang digunakan untuk membaca data magnetik yang tersemat di kartu debit atau kartu kredit, yang mana metode ini dilakukan dengan cara ilegal, yakni biasanya dengan memodifikasi hardware atau software pada alat pembayaran atau menggunakan bantuan alat pembaca kartu (skimmer).

Dikutip dari laman resmi BCA Senin, 24 Mei 2021, saat melakukan aksi skimming, pelaku  menggunakan skimmer atau alat skimming itu sendiri yang ditempelkan pada slot kartu yang terdapat di mesin ATM.

Baca Juga: Sejarah ATM Link, Keunggulan Fitur dan Kenapa Kini Bertarif?

Skimmer ini sekilas terlihat sama dengan bentuk mulut slot kartu ATM karena biasanya memang dibuat menyerupai bentuk tersebut. Skimmer ini akan merekam informasi dari kartu tersebut ketika kartu dimasukan ke ATM dan melewati skimmer yang ditempelkan itu.

Kemudian, aktivitas nasabah saat memasukkan PIN di keyboard mesin ATM akan direkam oleh spy camera yang diletakkan pelaku secara tersembunyi.

Selanjutnya, data yang telah didapatkan dari aksi skimming itu akan digunakan untuk menduplikat kartu ATM baru yang sama seperti miliki nasabah yang menjadi korban tersebut. Pelaku akan menggunakan kartu itu di ATM layaknya kartu ATM si nasabah tersebut dengan PIN yang sudah didapatkan melalui rekaman spy camera yang disembunyikan tadi.

Baca Juga: Daftar Kode Bank BRI, BNI, BCA, BTN, Mandiri, dan Lainnya, LENGKAP untuk Transfer Lewat ATM

Berikut Cara Menghindari Jadi Korban Skimming ATM

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x