Arti dan Keutamaan Silaturahmi atau Silaturahim saat Idul Fitri 2021 atau 1442 H

- 12 Mei 2021, 17:45 WIB
Ilustrasi - Silaturahmi atau silaturahim Idul Fitri 2021 atau 1442 H. Begini arti dan keutamaannya.
Ilustrasi - Silaturahmi atau silaturahim Idul Fitri 2021 atau 1442 H. Begini arti dan keutamaannya. /Pexels/Edward Jenner

BERITA DIY - Silaturahmi atau silaturahim menjadi momen yang akrab saat Idul Fitri atau lebaran. Sebagai makhluk sosial, manusia perlu menyambung persaudaraan.

Islam merupakan agama yang menekankan hubungan manusia dengan Tuhan di sisi lain dan pada sisi yang lain juga menekankan hubungan antar umat manusia. Keduanya merupakan dua sisi mata rantai yang tidak dapat dipisahkan.

Namun, kini ketika pandemi Covid-19 belum usai silaturahmi Idul Fitri 2021 atau 1442 H bisa melalui smartphone. Tak perlu dipaksakan untuk bertemu secara nyata.

Baca Juga: Kumpulan Kata Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2021 untuk Mantan Pacar

Silaturahmi sebagai penyambung persaudaraan umat Islam penting untuk dilakukan. Jika tak bisa berkunjung, bisa dengan memberi hadiah, menelepon hingga sekadar menyapa.

Arti silaturahmi atau silaturahim

Kata-kata “silaturahim” atau “silaturahmi” itu berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata; silat dan ar-rahim atau ar-rahmi.

Kedua kata tersebut dari satu akar kata yang sama yaitu rahima – yarhamu. Transliterasinya ada yang menulis seperti di atas, dan ada pula yang menulis seperti berikut: al-rahim atau al-rahm.

Dari penjelasan ini tampak bahwa bahasa Arab punya makna yang luas, sehingga dengan demikian tidak salah jika umat muslim menyebutnya dengan silaturruhmisilaturruhumisilaturrahmatisilaturrahamati dsb.

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Ied Berjamaah Lengkap dengan Teks Khutbah, Simak Di Sini

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x