Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga dan Diri Sendiri LENGKAP Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 7 Mei 2021, 14:18 WIB
Bacaan niat atau doa zakat fitrah untuk keluarga dan diri sendiri Lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya bahasa Indonesia.
Bacaan niat atau doa zakat fitrah untuk keluarga dan diri sendiri Lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya bahasa Indonesia. /Dok. Hallo Media/Wowo Ario Sungkowo

BERITA DIY - Bacaan niat atau doa zakat fitrah untuk keluarga dan diri sendiri, lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia tersedia di artikel ini.

Sebagaimana diketahui, zakat merupakan salah satu rukun islam. Zakat Fitrah dilakukan oleh muslimin yang memenuhi syarat dan dilakukan pada Bulan Ramadhan.

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini:

"Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas orang muslim, baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) Idul Fitri." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Besaran Zakat Fitrah yang Wajib Dibayarkan: Bayi hingga Lansia

Penerima Zakat

Orang0orang yang berkat menerima zakat fitrah juga sudah ditentukan di dlaam Al-Qur'an, yakni sesuai firman Allah SWT berikut ini:

"Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. At Taubah: 60).

Baca Juga: Cara Menghitung Zakat Fitrah Beras dan Uang yang Benar

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x