Profil Abdul Mu’ti Sekum PP Muhammadiyah yang Sering Disebut Layak Jadi Menteri

- 16 April 2021, 19:55 WIB
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. /Instagram/@abe_mukti.

BERITA DIY - Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti sedang ramai diperbincangkan lantaran kembali masuk dalam pusaran resuffle Kabinet Indonesia Maju untuk jilid 2.

Pasalnya dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-16 pada 9 April 2021, pemerintah telah menyepakati peleburan dua kementerian, yakni Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga menjadi Kemendikbudristek.

Sebelumnya di tahun 2020 lalu saat Kabinet Jokowi baru memulai periode ke-duanya, nama Abdul Mu’ti digadang masuk ke dalam jajaran Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Pancasila Sebagai Sistem Filsafat dan Refleksi Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Kehidupan Beragama

Ia juga diamanahkan untuk menadi wakil menteri pendidikan dan kebudayaan. Namun Abdul Mu’ti menolak tawaran tersebut lantaran kapasitasnya dirasa kurang mengemban amanah berat itu.

Kini Abdul Mu’ti kembali digadang layak untuk menempati posisi di kementerian baru itu. Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, menilai jika Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti layak dipertimbangkan menjadi salah satu di antara kandidar Mendikbudristek.

Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. merupakan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ia juga merupakn Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Baca Juga: Profil Jeff Smith, Artis yang Terciduk Polisi Karena Kasus Narkoba

Abdul Mu’ti dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Pendidikan Agama Islam in UIN Syarif Hidayatullah pada 2 Septermber 2020 dan tercatat sebagai guru besar yang ke-1.050.

Pemikir Muhammadiyah yang moderat dan toleran ini telah menggenyam pendidikan sampai tamat S3.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x