5 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

- 10 April 2021, 06:07 WIB
Buah kelengkeng yang kaya manfaat.
Buah kelengkeng yang kaya manfaat. /Pixabay/Bigtreegroup

BERITA DIY - Siapa yang tidak mengetahui buah yang satu ini. Memiliki cita rasa yang manis dengan ukura yang relatif kecil.

Hampir semua orang pernah mengonsumsi buah kelengkeng. Buah sangat populer di Asia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Selain disukai karena rasanya yang manis, buah kelengkeng menyimpan sejuta manfaat kesehatan. Berikut dirangkum dari berbagai sumber 5 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.

Baca Juga: Innalillaahi wa Innailaihi rojiun, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Ucapkan Duka Cita Wafatnya Badriyah Muinnah

1. Sumber vitamin C yang baik
Mengonsumsi ½ mangkuk kelengkeng sudah dapat memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C Anda.Vitamin C ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

2. Mengandung antioksidan
Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit di dalam tubuh. Kelengkeng kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, peradangan kronis, serta kanker.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Buah kelengkeng mengandung zat besi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah. Selain itu, zat antioksidan di dalam kelengkeng mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga: Aha! Ternyata Papa Surya Lebih Percaya Angga daripada Elsa? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini 9 April 2021

4. Cegah penyakit batu ginjal
Kelengkeng merupakan salah satu di antara buah-buahan yang akan mampu cegah penyakit batu ginjal karena mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x