Tata Cara Sholat Tasbih: Niat, Manfaat, serta Bacaan Lengkap dalam Arab, Latin, dan Terjemah Indonesia

- 29 Maret 2021, 15:25 WIB
Ilustrasi sholat. Bacaan niat sholat tasbih
Ilustrasi sholat. Bacaan niat sholat tasbih /Pexels./Michael Burrows

BERITA DIY - Solat tasbih merupakan amalan solat sunnah yang banyak mengucapkan bacaan tasbih dalam setiap rakaatnya. Bacaan solat tasbih ini sedikit berbeda dengan amalan sholat sunnah lainnya.

Dalam satu kali amalan solat tasbih, seseorang akan mengucapkaln kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Solat tasbih boleh dilaksanakan pada siang atau malam hari.

Jumlah raakat solat tasbih empat rakaat. Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzakar membedakan tata cara solat tasbih berdasarkan salam.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Malam Ini, 29 Maret 2021: Hampir Kepergok, Elsa Berhasil Lolos?

Kalau solat tasbih di siang hari dapat dikerjakan 4 rakaat sekali salam atau 4 rakaat dua kali salam. Sedangkan solat tasbih di malam hari dikerjakan 4 rakaat dua kali salam.

Sebelum mengerjakan solat tasbih, sebaiknya ketahui dulu tata cara, niat, bacaan, dan manfaat dari solat tasbih.

Manfaat atau kebaikan dari amalan dari solat tasbih diantaranya:

Bisa memberatkan timbangan amalan baik di akhirat kelak. HR. Bukhari dan Muslim meriwayatkan; “Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduianya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdhihi subhanallahil azhim.”

Baca Juga: Terungkap Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Balongan di Indramayu, Jawa Barat

Punya tabungan berupa kebun  kurma di surga. "Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga." (HR. at-Tirmidzi)

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x