Profil dan Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang Masuk Bursa Capres 2024

- 27 Maret 2021, 11:12 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. /Instagram.com/@ganjar_pranowo

BERITA DIY - Ganjar Pranowo telah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, simak profil lengkap dan perjalanan karier politiknya sejak awal hingga sampai saat ini melalui artikel berikut.

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada tanggal 28 Oktober 1968. Ia merupakan anak pasangan Pamuji dan Sri Suparmi.

Pria berusia 53 tahun dan beragama islam ini, menikah dengan Siti Atikoh Suprianti dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Zinedine Alam Ganjar.

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Ia menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 1 Kutoarjo, kemudian melanjutkan ke pendidikan menengah pertama di SMPN 1 Kutoarjo. Ia selanjutnya menempuh bangku pendidikan menengah atas di SMA Bopkri 1 Yogyakarta.

Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studi di Fakultas Hukum, Universitas Gajah Mada dan mengambil program pascasarjana Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Sebelum terjun ke dunia politik Ganjar pernah bekerja sebagai HRD di PT. Prakarsa selama empat tahun. 

Selama kuliah hingga menjabat beberapa posisi, Ganjar merupakan sosok yang aktif berorganisasi. Ia pernah tergabunh dalam Mapala Majestik FH dan MAPAGAMA UGM serta Gerakan Demokrat Kampus (GEDEK).

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2021: Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban dan 7 Amalan pada Malam Nisfu Syaban

Selain itu, ia juga tergabung dalam Deputi I Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat (BADIKLATPUS) PDI Perjuangan, Anggota Bidang Penggalangan Panitia Pemenangan Pemilu (PAPPU) Pusat PDI Perjuangan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x