Penting Mengetahui Cara Menghitung Masa Subur Perempuan Biar Cepat Hamil

- 15 Maret 2021, 16:15 WIB
Ilustrasi vagina. Cara menghitung masa subur pada perempuan.
Ilustrasi vagina. Cara menghitung masa subur pada perempuan. /PEXELS/C Technical

BERITA DIY - Merencanakan program atau menunda kehamilan sangat bisa dilakukan dengan lebih dulu mengetahui masa subur pada perempuan.

Masa subur pada setiap perempuan bisa berbeda-beda, tergantung banyak faktor tapi yang berpengaruh adalah siklus menstruasi.

Masa subur ini bisa dihitung salah satunya dengan melakukan perhitungan kalender menstruasi atau memahami siklus menstruasi diri sendiri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Komedi Indonesia yang Cocok Menemani Anda saat Jenuh

Normalnya siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari, terhitung dari rentang hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi berikutnya.

Di dalam siklus itu terjadi ovulasi yang menjadi masa subur perempuan untuk siap dibuahi.

Ovulasi sendiri merupakan proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium. Ovulasi berlangsung sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama menstruasi atau haid berikutnya. Masa subur dimulai di sekitar waktu ovulasi.

Baca Juga: Ikatan Cinta 15 Maret 2021: Andin Bongkar Elsa Pernah Hamil Anak Roy, Netizen Beri Komentar Menohok dan Lucu

Jika siklus menstruasi perempuan teratur 28 hari, masa subur perempuan berkisar 12-16 hari sebelum periode menstruasi berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir.

Sel telur hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah dikeluarkan. Jadi, bila ingin hamil, sel telur harus dibuahi dalam waktu 12–24 jam setelah ovulasi. Karena itulah, penting untuk mengetahui kapan wanita sedang berada pada kondisi paling subur.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x