10 Tanda Hamil Muda, Nomor 8 Sering Tidak Disadari

- 17 Februari 2021, 15:33 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil /pixabay/Pexels

BERITA DIY - Bagi pasangan suami istri pasti sangat mendambakan buah hati di keluarga kecilnya. Untuk mengetahui istri sudah mengandung sang buah hati, perlu diperhatikan tanda-tanda hamil muda.

Terlambat datang bulan merupakan salah satu tanda utama kehamilan. Namun, ada tanda-tanda kehamilan lain yang perlu Anda perhatikan. Tanda dan gejala kehamilan tersebut bahkan ada yang sudah muncul sebelum Anda terlambat haid.

Setiap wanita mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda. Wanita hamil satu dengan yang lainnya tidak selalu sama. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenali tanda-tanda hamil selain terlambat haid agar kehamilan lebih cepat diketahui.

Baca Juga: Cak Nun Ancam Turunkan Presiden, Ruhut Sitompul: Ngebacot Pakai Otak Jangan Pakai Dengkul

10 Tanda-Tanda Hamil Muda
Berikut 10 tanda-tanda kehamilan muda atau gejala kehamilan:

1. Perubahan pada payudara
Perubahan pada payudara biasanya terasa lebih padat, sensitif, dan kencang karena adanya perubahan hormon pada awal kehamilan. 

2. Kram dan timbul bercak
Hamil muda atau umur kehamilan yang masih baru kisaran usia kehamilan 1 sampai 4 minggu, kram dan timbul bercak darah bisa muncul. Namun tanda ini sering dianggap sebagai gejala haid. 

3. Cepat lelah
Faktanya, kelelahan adalah salah satu tanda kehamilan di minggu-minggu pertama. Sebab, meningkatnya kadar hormon progesteron. Tapi terkadang tanda ini dianggap kelelahan biasa, karena aktivitas yang terlalu padat.

4. Merasa Mual dan muntah
Mual bisa disebabkan meningkatnya hormon kehamilan atau Human chorionic gonadotropin (hCG). Mual dan muntah umumnya terasa pada awal-awal kehamilan sekitar usia kehamilan 6 minggu, tetapi seperti biasa, sedikit yang menyadari kalau ini adalah tanda kehamilan, biasanya dianggap sebagai gejala masuk angin.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x