7 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

- 9 Maret 2021, 16:33 WIB
Ilustrasi: Manfaat mendengarkan Musik
Ilustrasi: Manfaat mendengarkan Musik /pixabay/ stockfoo

BERITA DIY – Tanggal 9 Maret selalu diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Musik telah menjadi teman dalam beraktivitas. Musik rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Artikel ini akan membahas tujuh manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan.

Musik memberikan pengaruh yang kuat pada manusia. Tanpa disadari mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik, mental dan emosional kita.

Musik mampu meningkatkan memori, meringankan suasana hati Anda, mengurangi kecemasan dan depresi, mencegah kelelahan, meningkatkan respons Anda terhadap rasa sakit, dan membantu Anda berolahraga dengan lebih efektif.

Baca Juga: Mudah dan Enak! Resep Cilok Bumbu Kacang beserta Cara Membuatnya

Berikut tujuh manfaat musik untuk kesehatan tubuh dan mental.

  1. Membantu Kesehatan Jantung dan Mengatasi Rasa Sakit

Penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat mengubah detak napas, detak jantung, dan tekanan darah, bergantung pada intensitas dan tempo musik. Selain baik untuk kesehatan jantung, musik juga mampu mengatasi rasa sakit. Penelitian menunjukan musik dapat membantu meringankan rasa sakit mulai dari nyeri akut hingga kronis dalam pengobatan dan perawatan orang sakit.

  1. Meningkatkan Performa dalam Olahraga

Bagi orang yang suka olahraga, mereka mengetahui bahwa musik dapat meningkatkan performa fisik mereka saat olahraga. Penelitian pada tahun 2020 menegaskan bahwa berolahraga dengan musik meningkatkan suasana hati Anda, membantu tubuh Anda berolahraga lebih efisien, dan mengurangi kesadaran Anda akan pengerahan tenaga. Berolahraga dengan musik juga menghasilkan latihan yang lebih lama.

 Baca Juga: Gizi dan Manfaat Tentang Sagu yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung

  1. Mengobati Penyakit Mental

Mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut, sejauh ini beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan hubungan sosial bagi penderita skizofrenia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x