Profil WR Supratman, Pahlawan Nasional yang Jadi Cikal Bakal Hari Musik Nasional

- 9 Maret 2021, 12:00 WIB
WR Supratman. Profil WR Supratman, Pahlawan Nasional yang Jadi Cikal Bakal Hari Musik Nasional.*
WR Supratman. Profil WR Supratman, Pahlawan Nasional yang Jadi Cikal Bakal Hari Musik Nasional.* /Museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id/youTube

BERITA DIY - Hari ini, tanggal 9 Maret 2021 diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Tanggal 9 Maret dipilih karena merupakan tanggal lahir dari pencipta Lagu Indonesia Raya yakni Wage Rudolf atau W.R. Supratman.

Polemik mengenai tanggal lahir W.R. Supratman menjadi kontroversi. Karena sumber lain menyebut W.R. Supratman lahir pada tanggal 19 Maret.  

Namun, tak masalah kapan Supratman lahir, yang terpenting adalah bentuk penghormatan atas jasanya pada dunia musik Indonesia.

Baca Juga: Tanda-Tanda! Mama Rosa Tanyai Andin Soal Kevin, Rendi Bingung Ditanya Kapan Nikahi Kiki? Bocoran Ikatan Cinta

Berikut profil/biogarfi dari Wage Rudolf Supratman.

W.R. Supratman lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

W.R. Supratman tak menetap di Somongari. Hal ini karena ia mengikuti sang ayah yang hidup berpindah-pindah sebagai tentara KNIL.

Sebab harus mengikuti sang Ayah bertugas, akta kelahiran W.R. Supratman sendiri dibuat di Jatinegara, Jakarta, sehingga banyak yang mengira dia lahir di sana. Hal itu terjadi karena tidak lama setelah lahir, ayahnya dipindah tugas dari Purworejo ke wilayah Batavia.

Baca Juga: Anak Buahnya Tersangkut Korupsi, Anies Baswedan Siapkan Pengacara

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x