Mengenal Iklan Baris Koran dan Online: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

- 4 Maret 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi iklan baris di surat kabar
Ilustrasi iklan baris di surat kabar /PIXABAY?cattu

BERITA DIY - Iklan baris merupakan salah satu media iklan yang paling laris ditayangkan di surat-surat kabar pada hari tertentu.

Sebelumnya iklan baris terdapat di koran. Namun seiring kemajuan internet, keberadaan iklan baris koran kini kalah dengan cara kerja iklan baris online.

Iklan baris sendiri merupakan salah satu cara promosi barang dan jasa yang sifatnya persuasif dan memberi informasi tertentu, dibuat secara singkat hanya terdiri dari beberapa baris saja.

Hanya mengandalkan teks tanpa gambar, iklan baris banyak ditemukan di media khususnya cetak dan dimuat secara berkelompok sesuai isinya. Biasanya kategorikan ke jenis dijual, dibeli, atau dibutuhkan.

Baca Juga: Jadwal MPL Season 7 Minggu Kedua: Ada Alter Ego, RRQ Hoshi, hingga EVOS Legends

Selanjutnya secara terperinci dijelaskan barang dan jasa apa yang diiklankan seperti tanah, rumah, mobil, motor, dan masih banyak lainnya.

Karakteristik dari iklan baris biasanya berisi informasi seperlunya saja dan hanya memakan sedikit tempat. Paling umum iklan baris terdiri minimal 2 sampai 3 baris lengkap dengan nomor telepon, alamat, dan informasi dagangan.

Ciri-ciri dari iklan baris secara umum adalah:

1. Hanya membuat informasi penting saja sehingga yang ditampilkan pendek, lengkap, dan informatif dengan panjang 2 hingga 3 baris saja.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x