Pimpinan BPK Pertanyakan Mutasi Corona Inggris Bermotif Bisnis: Ini Nyata Atau Sengaja Dimunculkan?

- 4 Maret 2021, 09:22 WIB
Ilustrasi virus Corona jenis baru asal Inggris muncul di Indonesia.
Ilustrasi virus Corona jenis baru asal Inggris muncul di Indonesia. /pixabay/Willgard

BERITA DIY - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengonfirmasi temuan dua kasus mutasi virus jenis baru bernama B117-UK yang ditemukan di Indonesia tepat setahun peringatan COVID-19.

"Ada berita yang saya terima dari setahun refleksi ini. Kalau satu tahun lalu kita temukan pasien 01 dan 02 COVID-19, tadi malam tepat setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia," katanya.

Dante mengemukakan mutasi virus baru itu dialami oleh dua pasien di Indonesia.  Temuan virus baru B117-UK merupakan hasil pengecekan pihaknya terhadap 462 kasus COVID-19 di Nusantara dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Setahun Corona di RI, Acara Aneh Eks Menkes Terawan Beri Jamu ke Pasien COVID-19 Disorot

Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi pun mempertanyakan varian baru virus corona tersebut. Dia khawatir varian baru ini hanya untuk kepentingan bisnis.

“Covid varian baru asal Inggris B117 (UK Mutation) ini nyata apa sengaja  dimunculkan sebagai issue medis yang berujung bisnis? Atau karena kelemahan kita dalam system karantina yang tidak berjalan baik,” tulisnya melalui akun twitter resminya yang dikutip pada Kamis, 4 Maret 2021.

Dia pun meminta segenap instansi pemerintah untuk memeriksa terkait varian baru virus corona ini untuk kemudian menentukan langkah pencegahan.

Baca Juga: Mengenal Novilia Sjafri, Perempuan di Balik Berjalannya Vaksinasi COVID-19 Indonesia

“Mohon Kemenkes, Satgas dan Kemenristek BRIN melakukan Analisa dan pencegahannya,” cuit Achsanul.

Sebelumnya di Inggris telah lebih dulu mengumumkan penemuan strain baru SARS-CoV-2 yang bermutasi dengan nama B117 pada akhir tahun 2020.

Ahli epidemiologi dan ahli virologi menyebut bahwa virus B117 lebih mudah menular jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x