Benarkah Nama Asli Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura Klaim Ustaz Adi Hidayat yang Viral di Twitter?

- 5 Juli 2022, 16:30 WIB
Cek biografi Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura yang diklaim ustaz Adi Hidayat punya nama asli Ahmad Lussy yang viral di Twitter.
Cek biografi Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura yang diklaim ustaz Adi Hidayat punya nama asli Ahmad Lussy yang viral di Twitter. /Twitter.com/@yaniarsim

BERITA DIY - Berikut penjelasan siapa nama asli Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura klaim ustaz Adi Hidayat yang viral di Twitter.

Ustaz Adi Hidayat dalam video yang beredar, mengklaim jika nama asli Thomas Matulessy adalah Ahmad Lussy.

"Ternyata nama aslinya Pattimura itu bukan Thomas Matulessy, tapi Ahmad Lussy," ucap ustaz Adi Hidayat (UAH) dalam potongan video ceramah yang dikutip Selasa 5 Juli 2022.

Lantas, apakah benar klaim UAH mengenai nama asli Thomas Matulessy tersebut?

UAH menyebut Thomas Matulessy sebagai Ahmad Lussy merujuk pada buku 'Api Sejarah' (2009) karya Ahmad Mansur Suryanegara yang kontroversial.

Baca Juga: Apa Arti Kata Mamba? Istilah yang Viral Jadi Bahasa Gaul di Media Sosial: Simak Arti dalam Bahasa Indonesia

Disebut kontroversial karena buku Api Sejarah dari Mansur Suryanegara tersebut banyak menerima kritik dari para akademisi dengan alasan melakukan penulisan sejarah menggunakan sumber sekunder yang tidak kredibel.

"Marcellina Matulessy dan Albert Matulessy keturunan Pattimura sudah bantah narasi yg diucapkan ustad bersumber buku Api Sejarah. Nama Pattimura bukan Ahmad Lussy, dia juga penganut Katolik. Di catatan Belanda sejak tahun 1818 sampe 1955 tertulis Thomas Matulessy bukan Ahmad Lussy," tulis Saddam Husein seorang pegiat sejarah di akun Twitter pribadinya @mazzini_gsp

Perlu diketahui, Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura adalah pahlawan nasional yang preferensi wajahnya dicetak dalam mata uang seribu rupiah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x