Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Penghapusan Kekerasan Seksual Diperingati Setiap Tanggal 19 Juni

- 19 Juni 2022, 07:39 WIB
Ilustrasi sejarah dan tujuan peringatan Hari Penghapusan Kekerasan seksual diperingati setiap tanggal 19 Juni 2022.
Ilustrasi sejarah dan tujuan peringatan Hari Penghapusan Kekerasan seksual diperingati setiap tanggal 19 Juni 2022. /PEXELS/@Duane Vilijoe

BERITA DIY - Simak informasi yang berkaitan dengan sejarah dan tujuan adanya peringatan Hari Penghapusan Kekerasan Seksual diperingati setiap tahun pada tanggal 19 Juni. Untuk mengetahui bagaimana sejarah dan tujuan dari peringatan Penghapusan Kekerasan Seksual baca artikel ini sampai selesai.

Dikutip dari United Nations peringatan Hari Penghapusan Kekerasan Seksual dimulai pada tanggal 19 Juni 2015. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa memproklamirkan bahwa setiap tanggal 19 Juni tiap tahun sebagai hari internasional untuk penghapusan kekerasan seksual dalam konflik.

Kekerasan seksual adalah perbuatan seperti pemerkosaan, perbudakan seksual, pelacuran paksa, kehamilan paksa, aborsi paksa, sterilisasi paksa, perkawinan paksa, dan segala bentuk kekerasan seksual lainnya.

Kekerasan seksual bisa terjadi pada siapa saja baik itu laki-laki, perempuan, orang dewasa maupun anak-anak dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: 15 Juni 2022 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Demam Berdarah Dengue (DBD) ASEAN

Istilah kekerasan seksual juga menyangkut perdagangan orang ketika untuk tujuan kekerasan atau eksploitasi seksual yang masih marak terjadi sampai hari ini.

Tanggal 19 Juni dipilih sebagai waktu untuk memperingati Hari Penghapusan Kekerasan Seksual karena alasan bahwa, Dewan Keamanan PBB pada 19 Juni 2008 mengutuk kekerasan seksual sebagai titik perang dan hambatan untuk pembangunan perdamaian.

Pada tahun 2016 Dewan Keamanan mengadopsi resolusi S/RES/2331 untuk tujuan mengatasi hubungan perdagangan manusia, kekerasan seksual, terorisme, dan kejahatan terorganisir lainnya.

Adanya peringatan Hari Penghapusan Kekerasan Seksual yang dilakukan setiap tahun pada tanggal 19 Juni ini memiliki beberapa tujuan di antaranya:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x