Apa Itu Ras Melanesia? Sejarah, Asal-Usul, Arti Kata dan Persebaran di Indonesia di Wilayah Mana Saja

- 5 Juli 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi - Penjelasan apa itu ras Melanesia, asal-usul, sejarah, arti kata, hingga tinggal di wilayah mana di Indonesia.
Ilustrasi - Penjelasan apa itu ras Melanesia, asal-usul, sejarah, arti kata, hingga tinggal di wilayah mana di Indonesia. /PIXABAY/ianknabel66

BERITA DIY - Simak apa itu ras Melanesia berikut sejarah, arti kata, asal-usul hingga persebaran di Indonesia di wilayah mana saja.

Kata kunci Melanesia trending di pencarian Google hari ini, Selasa, 5 Juli 2022. Tak banyak yang tahu istilah tersebut merujuk pada ras tertentu yang ternyata ada di Indonesia.

Lantas apa sebenarnya ras Melanesia? Bagaimana sejarah, asal-usul hingga tempat persebaran di Indonesia dan negara lainnya?

Menurut Profesor Harry Truman Simanjuntak, seorang Arkeolog senior dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengatakan kepada Kemendikbud, bahwa masyarakat Indonesia memiliki darah ras Melanesia.

Baca Juga: Nama 3 Provinsi Baru di Papua Lengkap dengan Profil hingga Daftar 37 Provinsi di Indonesia dan Ibu Kota

Bahkan sebagian besar ras Melanesia di dunia tinggal di Indonesia, yaitu kira-kira sekitar 80 persen dari keseluruhan jumlah ras tersebut.

Mengacu pada buku "Diaspora Melanesia di Nusantara", pusat ras Melanesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu di Indonesia, Melanesia barat dan Australia.

Kelompok ras Melanesia barat banyak ditemukan di wilayah yang memiliki pulau besar, contohnya Papua di Indonesia dan negara Papua Nugini yang berada dalam satu pulau.

Bahkan sejarah membuktikan peninggalan di Papua Nugini menyebar ke pulau-pulau lebih kecil di Indonesia, seperti di kepulauan Maluku dan Maluku Utara.

Baca Juga: Nama 3 Provinsi Baru di Papua Lengkap dengan Profil hingga Daftar 37 Provinsi di Indonesia dan Ibu Kota

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x