Kesalahan-kesalahan dalam Memilih WiFi Rumah

- 22 Desember 2023, 19:58 WIB
Ilustrasi wifi
Ilustrasi wifi /101internet/

BERITA DIY - Kata "Provider Internet" menjadi begitu umum dan akrab di telinga kita, terutama di tengah kemajuan teknologi saat ini. Provider internet, atau yang dikenal dengan sebutan ISP (Internet Service Provider), adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet kepada pengguna. Jadi ibaratnya, perusahaan ISP ini sebagai jembatan atau penghubung antara pengguna dengan dunia maya atau internet. Kehadiran provider internet tidak hanya sekedar memberikan fasilitas, melainkan menjadi kunci utama dalam menyediakan akses luas kepada pengguna.

Dalam menghubungkan pengguna dengan layanan online seperti pekerjaan, hiburan dan komunikasi, provider internet menggunakan berbagai media yang mencakup koneksi kabel seperti fiber optic dan juga nirkabel. Setiap media tersebut memiliki keunikan masing-masing, memungkinkan pengguna untuk memilih opsi paling sesuai.

Tahukah kalian, bahwa menurut Badan Pusat Statistik, ada lebih dari 800 perusahaan ISP di Indonesia per tahun 2022? Jumlah ini mencerminkan meningkatnya kebutuhan akan internet yang perlu dipenuhi. Beberapa provider internet yang mungkin sudah familiar antara lain IndiHome, ICONNET, XL Home, First Media, Biznet Home dan lainnya. Provider tersebut menyediakan sejumlah paket layanan dengan variasi kecepatan dan kapasitas, menyesuaikan kebutuhan individu. 

Dari begitu banyaknya perusahaan ISP di Indonesia, kalian perlu memilih dengan cermat dan menghindari kesalahan-kesalahan pemilihan paket internet rumah, serta providernya. Yuk, intip apa saja hal-hal yang perlu dihindari ketika memilih WiFi rumah.

Hal-Hal yang Wajib Dihindari Saat Memilih Internet Rumah

  1. Tidak Melakukan Riset

Banyak dari kita menginginkan koneksi internet cepat dan stabil, namun cenderung enggan melakukan riset mendalam. Untuk terhindar dari kekeliruan memilih provider serta paket internet, ada baiknya cari tahu reputasi perusahaan tersebut, kualitas internet, dan dukungan pelanggan yang ditawarkan. Kalian dapat memperoleh informasi terbaru seputar penyedia internet dengan menjelajahi review pelanggan dan melakukan perbandingan langsung antar provider di 101 INTERNET.

  1. Mengabaikan Kontrak dan Kebijakan Pembatalan

Tidak membaca dengan cermat syarat dan ketentuan kontrak serta kebijakan pembatalan dari suatu layanan internet dapat mengakibatkan biaya tambahan atau kesulitan jika kalian perlu mengubah atau membatalkan paket internet. Jadi, wajib hukumnya untuk selalu memeriksa secara teliti kontrak layanan sebelum berlangganan internet cepat agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

  1. Tergiur Promo dan Harga Murah

Siapa sih yang tidak suka dengan promo internet atau potongan harga paket murah? Pastinya kita semua bahagia apabila ada penawaran tersebut karena artinya kita bisa menghemat pengeluaran. Eits, tapi untuk pemilihan internet WiFi rumah sebaiknya kalian pikir dua kali untuk mengambil kesempatan tersebut. Biasanya terdapat hal-hal tersembunyi dibalik penawaran itu, misalnya biaya tambahan yang mungkin muncul setelah periode promo berakhir atau batasan kecepatan setelah pengguna mencapai batas tertentu, yang biasa dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy).

Berikut beberapa promo yang harus diperhatikan sebelum berlangganan internet rumah:

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x