4 Perbedaan TV Analog dan TV Digital yang Kamu Harus Ketahui Sebelum Pemutusan Sinyal Analog pada Akhir Tahun

- 25 Juli 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi. Empat perbedaan TV analog dan TV Digital yang harus diketahui masyarakat sebelum pemutusan sinyal analog pada 2 November 2022 mendatang, mulai dari kualitas layanan hingga perangkat yang dibutuhkan.
Ilustrasi. Empat perbedaan TV analog dan TV Digital yang harus diketahui masyarakat sebelum pemutusan sinyal analog pada 2 November 2022 mendatang, mulai dari kualitas layanan hingga perangkat yang dibutuhkan. /PEXELS/Ryutaro Tsukata

BERITA DIY – Simak informasi empat perbedaan antara TV Analog dan TV Digital yang harus diketahui bertepatan dengan rencana Kominfo untuk memutus layanan sinyal analog di Indonesia pada 2 November 2022 mendatang.

Per tanggal 30 April 2022, Pemerintah Indonesia melalui Kominfo akan menghentikan proses penyiaran televisi analog di Indonesia.

Untuk bisa tetap menikmati siaran televisi, masyarakat diimbau untuk beralih dari layanan TV analog ke TV digital.

Proses migrasi TV analog ke digital akan dilakukan secara bertahap sejak April 2022 hingga ditutup secara permanen pada 2 November 2022 mendatang.

Baca Juga: Langkah Memasang dan Setting Set Top Box Pada TV Analog, Disertai Fungsi dan Manfaat Pemasangan STB

Hal ini sesuai dengan PP No. 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran dan mulai diterapkan pada tahun ini.

Rencananya, implementasi kebijakan migrasi TV analog ke digital akan dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap pertama pada 30 April 2022, tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Migrasi antara TV Analog dan TV Digital tentu saja memiliki perbedaan yang mencolok, mulai dari sinyal, layanan, kualitas, hingga fitur yang dibutuhkan.

Berikut adalah empat perbedaan antara layanan TV Analog dan TV Digital yang harus diketahui sebelum pemutusan total layanan sinyal analog pada 2 November 2022 mendatang:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x