10 Link Twibbon HUT 61 Kostrad: Ini Sejarah Kostrad dan Perbedaannya dengan Kopassus Siap Pakai di Medsos

- 6 Maret 2022, 11:37 WIB
Ilustrasi 10 link twibbon HUT 61 dan sejarah Kostrad serta perbedaannya dengan Kopassus siap pakai di medsos.
Ilustrasi 10 link twibbon HUT 61 dan sejarah Kostrad serta perbedaannya dengan Kopassus siap pakai di medsos. /Tangkap layar Kostrad.mil.id

BERITA DIY - Berikut ini 10 link twibbon HUT 61 dan sejarah Kostrad serta perbedaannya dengan Kopassus siap pakai di medis sosial (medsos). Hari komando Cadangan Angkatan Darat atau Kostrad diperingati setiap tahun pada tanggal 6 Maret.

Komando Cadangan Angkatan Darat atau Kostrad adalah bagian dari Komando Utama Tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Tahun ini Komando Cadangan Angkatan Darat (Kostrad) memperingati hari hari lahirnya yang ke-61 yang jatuh pada Minggu, 6 Maret 2022.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Raya Nyepi, 3 Maret 2022 Hari Ini: Lakukan Download dan Unggah di Medsos atau WA

Tidak lengkap merayakan HUT Kostrad ke 61 ini tanpa melihat kembali sejarah dibentuknya Kostrad. Dilansir BERITA DIY dari situs resmi KOSTRAD, bahwa ide pembentukan awal pasukan ini pada tahun 1960-an diprakarsai oleh Kasad Jenderal A.H Nasution.

A.H Nasution merasa perlu membentuk satuan militer yang siap tempur menjalankan tugas di seluruh wilayah tanah air. Dari sinilah dibentuknya Cadangan Umum AD melalui Skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 pada 27 Desember 1960, berlatar belakang masalah Irian Barat yang menjadi sengketa dengan Belanda.

Pada 6 Maret 1961 Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) diresmikan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal hari lahirnya Kostrad. Saat itu Mayjen TNI Soeharto ditunjuk sebagai Panglima KORRA 1 CADUAD.

Baca Juga: Link Twibbon dan Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 Penuh Ketenangan Cocok Dibagikan di Sosmed

Mayjen TNI Soeharto berfikir merasa perlu membentuk pasukan cadangan strategis. Akhirnya KORRA I CADUAD resmi menjadi Kostrad berdasarkan Skep Kasad No: KPTS 178/2/1963 tanggal 19 Februari 1963. Tugas pokok Kostrad adalah untuk melaksanakan operasi militer dalam rangka mempertahankan NKRI

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x