Mengenal Metaverse, Dunia Virtual Realitas Garapan Facebook yang Diklaim Bahayakan Eksistensi Manusia

- 9 November 2021, 10:47 WIB
Metaverse yang sedang digarap Facebook dengan pimpinan Mark Zuckerberg akan mengaburkan dunia virtual dan realitas, diklaim berbahaya bagi eksistensi manusia.
Metaverse yang sedang digarap Facebook dengan pimpinan Mark Zuckerberg akan mengaburkan dunia virtual dan realitas, diklaim berbahaya bagi eksistensi manusia. /PIXABAY/Gerd Altmann

BERITA DIY - Facebook dikabarkan terus berupaya menghadirkan dunia virtual berada di tengah-tengah realitas kehidupan khalayak yang disebut sebagai metaverse. Bagaimana dan apa dampaknya?

Secara singkat, metaverse adalah peleburan dunia realitas yang divirtualkan. Di dalam dunia virtual tersebut, kegiatan manusia akan bisa dilakukan seperti pada umumnya, dari sekadar interaksi sosial hingga transaksi ekonomi.

Adapun metaverse yang akan dibawa Facebook adalah lingkungan virtual bentuk 3D yang bisa mengimajinasikan di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone, atau perangkat lain.

Baca Juga: Facebook Ganti Nama: Ini Alasan, Arti Nama dan Logo Baru Meta

Para penggunanya dapat melakukan hal-hal seperti pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online, melihat atau membuat karya seni dan mencoba atau membeli pakaian digital.

Menanam pohon secara digital, membangun rumah secara virtual hingga berhubungan intim menggunakan augmented reality.

Jika merefleksikan dalam kasus pandemi Covid-19, metaverse bisa digunakan untuk mengambil alih tatap muka secara nyata ke dunia virtual.

Baca Juga: Sejarah Facebook yang Ganti Nama Jadi Meta, Ini Deretan Aplikasi yang Dikuasai Mark Zuckerberg: IG hingga WA

Oleh karena itu, Facebook yang kini berganti nama Meta Platforms Inc. telah meluncurkan Horizon Workrooms untuk digunakan dengan headset Oculus VR-nya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x