Sejarah Facebook yang Ganti Nama Jadi Meta, Ini Deretan Aplikasi yang Dikuasai Mark Zuckerberg: IG hingga WA

- 29 Oktober 2021, 15:26 WIB
Sejarah Facebook yang ganti nama jadi Meta.
Sejarah Facebook yang ganti nama jadi Meta. /REUTERS/Dado Ruvic/Illustration.

BERITA DIY - Facebook Inc. resmi berganti nama menjadi Meta Inc. pada Kamis (28/10/2021) waktu AS. Pengumuman pergantian nama raksasa teknologi itu disampaikan langsung oleh CEO Meta Inc Mark Zuckerberg dalam konferensi virtual dan augmented reality (AR), Connect 2021.

Mark mengatakan rebranding tersebut bertujuan membangun sebuah metaverse, yakni lingkungan virtual yang diprediksi menjadi kelanjutan dari perkembangan teknologi internet seluler. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya terbatas pada media sosial seperti Facebook dan Instagram, namun metaverse.

“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa mulai hari ini perusahaan kami adalah Meta,” ujarnya dikutip dari Reuters, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Apa Itu Meta? Nama Baru Facebook, Ketahui Makna Nama dan Logo Terbaru Platform Media Sosial Itu

Baca Juga: Arti Logo Meta yang Gantikan Like Facebook dan Alasan Ganti Nama Baru

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda Keren Cocok Untuk Diunggah Di Instagram, WA, Facebook, dan Twitter

Mark telah melalui perjalanan panjang dalam mendirikan Facebook Inc, hingga akhirnya menjadi Meta Inc. Facebook diciptakan Mark pada usia 23 tahun, tepatnya saat menjadi mahasiswa di Harvard University.

Pada Februari 2004, dikutip dari The Guardian, Mark meluncurkan TheFacebook sebagai jejaring sosial yang keanggotaannya dibatasi hanya bagi mahasiswa Harvard University saja. Nama TheFacebook terinspirasi dari lembaran kertas yang dibagikan kepada mahasiswa baru di Harvard guna kepentingan dokumentasi profil mereka.

TheFacebook memungkinkan mahasiswa mengetahui pengguna lain yang mengambil studi serupa. Tak butuh waktu lama, sebanyak 1.200 mahasiswa Harvard mendaftar TheFacebook dalam kurun waktu 24 jam saja. Pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa Harvard terdaftar di situs ini.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x