Spesifikasi Laptop Kemdikbud untuk Pelajar, Apa Beda dengan Laptop Merah Putih?

- 31 Juli 2021, 06:00 WIB
ILUSTRASI - Spesifikasi laptop Merah Putih dari Kemdikbud.
ILUSTRASI - Spesifikasi laptop Merah Putih dari Kemdikbud. /PIXABAY/meminsito

BERITA DIY – Berikut merupakan spesifikasi laptop Kemdikbud yang diperuntukkan bagi pelajar serta bedanya dengan laptop Merah Putih.

Pengadaan laptop lokal untuk ini merupakan salah satu tujuan pemerintah untuk meningkatkan penggunaan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam negeri pada bidang pendidikan.

Sementara itu, Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) juga mengungkapkan bahwa program digitalisasi sekolah akan menggunakan produk dalam negeri.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Operasi Chrome OS dan Windows yang Diduga Bakal Diterapkan di Laptop Merah Putih

“Program digitalisasi di sekolah ini dimulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Nantinya kita akan mengirimkan sebanyak 190 ribu laptop pada 12 ribu sekolah dengan anggaran Rp1,3 triliun,” terang Mendikbudristek Nadiem Makariem seperti dikutip dari ANTARANEWS, 22 Juli 2021.

Lebih lanjut Mendikbudristek Nadiem menambahkan bahwa dari anggaran tersebut 100 persen akan dialokasikan untuk produk dalam negeri dengan sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Pemerintah telah menunjuk enam produsen laptop dengan tingkat TKDN lebih dari 25 persen yang memenuhi kesiapan pengadaan laptop lokal Kemdikbud tersebut.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Laptop Terbaru Harga Rp5 jutaan, Murah dan Punya Spesifikasi Canggih

Enam daftar produsen laptop tersebut yaitu:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x