Perbedaan Jaringan 5G dan 4G, Lengkap dengan Kelebihan yang Ditawarkan

- 27 Mei 2021, 14:26 WIB
Perbedaan Jaringan 5G dan 4G, Lengkap dengan Kelebihan yang Ditawarkan
Perbedaan Jaringan 5G dan 4G, Lengkap dengan Kelebihan yang Ditawarkan /Dok. realme.com/

BERITA DIY - Berbagai produsen HP telah menyiapkan dan siap meluncurkan produk-produk mereka yang mendukung jaringan 5G. Dari situlah, diperkirakan pada tahun 2021 akan ada sekitar 438 juta koneksi jaringan 5G.

Tren berselancar di dunia maya memang mengalami perubahan yang cukup signifikan hingga memengaruhi gaya hidup pelakunya. Perubahan tren ini tak luput dari pandemi yang lebih dari setahun ini telah menghantui warga dunia.

Berdasarkan hal di atas, koneksi peluncuran 5G pun akan menjadi momentum yang pas pasda saat ini.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Poco M3 Pro 5G, Diklaim Xiaomi Sebagai HP 5G Termurah

Jaringan 5G sebagaai generasi terbaru, tentu saja tak hanya memiliki perbedaan dengan pendahulunya, 4G, tetapi juga memiliki kelebihan. Salah satu perbedaan yang signifikan ialah terletak pada kebaruannya dibanding dengan 4G yang sebenarnya merupakan pengembangan dari generasi ketiga atau 3G.

Berikut Berita DIY rangkum dari berbagai sumber terkait perbedaan dan kelebihan utama 5G dibanding 4G:

  • Kapasitas puncak dan latensi

Kapasitas puncak dan latensi merupakan salah satu perbedaan terbesar antara 5G dan 4G. Sebagai informasi, kapasitas puncak sektor UWB 5G dalam gbps jika dibandingkan dengan 4G dalam mbps telah terjadi peningkatan kecepatan, yakni 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini membuat aktivitas berselancar di internet, mengakses video HD, maupun aktivitas lainnya akan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G, HP 5G Terbaru Paling Murah di Indonesia

  • Hemat waktu

Pada jaringan 5G, latensi atau waktu yang dibutuhkan sejak informasi dikirim dari perangkat hingga sampai pada pengguna/penerima, berkurang secara signifikan. Hal ini secara otomatis membuat proses pengunggahan dan pengunduhan sangat cepat. Selain itu, ukuran bandwidth juga menjadi perbedaan besar antara 4G dan 5G.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x