Persija Dominan dengan 11 Gelar, Berikut Daftar Juara Liga Indonesia Mulai Era Perserikatan Sampai Liga 1

- 27 April 2021, 21:00 WIB
Pertandingan Persija vs Borneo FC di Liga 1. Berikut ini daftar juara liga Indonesia sepanjang masa.
Pertandingan Persija vs Borneo FC di Liga 1. Berikut ini daftar juara liga Indonesia sepanjang masa. /www.liga-indonesia.id

BERITA DIY - Daftar juara Liga Indonesia. Dunia persepakbolaan di Indonesia tak lepas dari sejarah pembentukan Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia atau sekarang yang kita kenal dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Saat itu PSSI didirikan oleh 7 klub sepakbola pada tahun 1930. Kemudian pada 1931 atau satu tahun setelah PSSI berdiri, lahir lah kompetisi liga pertama di Indonesia yang waktu itu masih bernama Hindia Belanda.

Kompetisi tersebut bernama Perserikatan dan pertama kali diikuti oleh tujuh tim yakni PSIM Yogyakarta, VIJ Jakarta yang kini bernama Persija, BIVB Bandung (Persib), IVBM Magelang atau PPSM Magelang, MVB Madiun (PSM Madiun), Persebaya yang dulu bernama SIVB, dan VVB Solo (Persis Solo).

Baca Juga: Daftar Juara Liga Spanyol, Real Madrid Masih Pegang Rekor Terbanyak dalam Sejarah

Kemudian di tahun 1979, PSSI membentuk kompetisi sepakbola yang bersifat semi profesional sebab kompetisi di tahun itu yakni Perserikatan berbentuk amatir.

Kompetisi yang dibentuk pada tahun 1979 bernama Liga Sepak Bola Utama atau disingkat Galatama menjadi kompetisi sepakbola semi profesional pertama di Indonesia sekaligus pioner liga profesional pertama di Asia selain Liga Hongkong.

Pada tahun 1994 kedua kompetisi tersebut yakni Perserikatan dan Galatama digabung menjadi Divisi Utama Liga Indonesia yang berjalan sampai tahun 2007, kemudian Divisi Utama Liga Indonesia menjadi turun kasta setelah dibentuk Liga Indonesia yang menjadi kasta tertinggi.

Baca Juga: Daftar Juara Bundes Liga: Bayern Munchen Pecahkan Rekor

Berikut ini daftar juara Liga Indonesia sepanjang masa, mulai dari era Perserikatan sampai Liga 1.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x