Contoh Paragraf Induktif Singkat dan Mudah Dipahami, Ini Ciri-ciri dan Langkah Membuat Paragraf Induktif

- 3 November 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi. Contoh paragraf induktif singkat dan mudah dipahami, ini ciri-ciri dan langkah membuat paragraf induktif, ini bedanya dengan deduktif.
Ilustrasi. Contoh paragraf induktif singkat dan mudah dipahami, ini ciri-ciri dan langkah membuat paragraf induktif, ini bedanya dengan deduktif. /PEXELS/Mikhail Nilov

BERITA DIY - Kumpulan contoh paragraf induktif singkat dan mudah dipahami, ini ciri-ciri dan langkah membuat paragraf Induktif. Cek apa bedanya dengan paragraf deduktif.

Materi tentang paragraf induktif, deduktif, dan campuran biasanya dipelajari baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas.

Jika Anda diminta untuk membuat contoh paragraf induktif, Anda bisa melihat contohnya di sini. Akan tersaji kumpulan 3 contoh paragraf singkat yang mudah dipahami.

Anda juga bisa melihat apa saja ciri-ciri dan perbedaan dengan paragraf deduktif. Ikuti langkah membuatnya di sini jika Anda ingin mencobanya sendiri.

Baca Juga: Contoh Cerita Liburan Sekolah 3-5 Paragraf: Pergi ke Rumah Nenek, Membantu Ibu di Rumah, Piknik ke Pantai

Ada perbedaan yang mencolok antara paragraf induktif dan deduktif. Letak perbedaan utamanya ada pada posisi kalimat utama. Ide atau kalimat utamanya ada yang terletak di awal dan ada yang diakhir.

Secara sederhana dan untuk mempermudah memahaminya, Anda perlu ingat jika ide dari paragraf deduktif terletak di awal paragraf. Sementara itu untuk paragraf induktif letaknya ada di akhir.

Agar Anda bisa membuat contohnya, selain mengetahui pengertiannya Anda juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Dengan demikian Anda bisa membuanya sendiri dengan mengacu pada ciri-ciri tersebut.

Ciri-ciri paragraf induktif:

  • Ide pokok diletakkan di akhir paragraf
  • Pola dimulai dari khusus ke umum
  • Diakhiri dengan kalimat pernyataan umum

Baca Juga: Contoh Cerita Liburan Sekolah 5 Paragraf Tahun Baru 2023 di Rumah Bersama Keluarga, Kisah Menarik Dibaca

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x