Cara Melaporkan Profil Pelajar Pancasila Lengkap Contoh Format Laporan P5 Kurikulum Merdeka

- 22 Agustus 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Cara melaporkan Profil Pelajar Pancasila dan contoh format laporan P5 Kurikulum Merdeka.
Ilustrasi. Cara melaporkan Profil Pelajar Pancasila dan contoh format laporan P5 Kurikulum Merdeka. /PIXABAY/sasint

BERITA DIY - Simak cara melaporkan hasil belajar Profil Pelajar Pancasila lengkap denngan contoh format laporan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka.

Kurikulum merdeka menjadi salah satu opsi kurikulum yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan pada tahun ajaran 2023/2024. Namun tentunya ada beberapa perbedaan implementasi yang perlu disiapkan.

Melalui Kurikulum Merdeka ini terdapat keleluasaan dan kemudahan bagi pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang mendalam, sesuai kebutuhan peserta didik dan penguatan karakter.

Dalam kurikulum merdeka terdapat alokasi waktu 20-30 persen jam pelajaran untuk aktivitas kokurikuler berupa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Baca Juga: Ciri Uang Rp 1 Juta PIP Kemdikbud 2023 Sudah Cair Agustus ke Siswa KIP, Cek NIK NISN ke pip.kemdikbud.go.id

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui projek dengan sasaran utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila.

Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Implementasi P5 ini dijalankan terpisah dari mata pelajaran namun mengambil sebagian waktu dari keseluruhan pembelajaran.

Dalam rangkaian kegiatannya, peserta didik akan menggali pemahaman dan mencari solusi mengenai isu-isu yang dikemas dalam tujuh tema berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals).

Lantas bagaimana nantinya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) akan dilaporkan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x