Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka: Lingkup Sekolah SD, SMP, dan SMA

- 13 Maret 2023, 12:55 WIB
Ilustrasi. Ketahui cara sukses penerapan P5 Merdeka Belajar di SD, SMP, dan SMA untuk siswa dan guru.
Ilustrasi. Ketahui cara sukses penerapan P5 Merdeka Belajar di SD, SMP, dan SMA untuk siswa dan guru. /PEXELS/@Max Fischer

BERITA DIY - Simak bagaimana cara sukses penerapan P5 kurikulum Merdeka Belajar dalam lingkup pendidikan seperti pada jenjang SD, SMP, dan SMA sebagai berikut ini.

Kemdikbud telah resmi meluncurkan adanya kurikulum P5 Merdeka Belajar yang dapat diterapkan, seperti apakah kunci sukses untuk penerapan dalam program pembelajaran.

Mengenai kunci sukses penerapan P5 kurikulum Merdeka Belajar sendiri dapat dilihat dari berbagai aspek maupun sisi yang terlibat di dalam satuan instansi pendidikan.

 

Sebab diketahui bahwa dalam program P5 Merdeka Belajar sendiri tidak lagi menitik beratkan guru sebagai subjek, melainkan juga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Baca Juga: Siswa SD - SMA Pemilik KIP Dapat PIP Kemdikbud 2023 hingga Rp1 Juta, Cek Daftar Penerima BLT Anak Sekolah

Cara Sukses Penerapan P5 Kurikulum Merdeka Belajar

Sebagai informasi P5 dalam kurikulum Merdeka Belajar sendiri ialah kurikulum yang disusun berdasarkan prinsip kebebasan, keterbukaan, partisipasi, pemberdayaan, dan penghargaan terhadap keberagaman.

Dengan adanya berbagai aspek dan prinsip penyusunannya, diharapkan dalam P5 Merdeka Belajar akan mampu membentuk siswa sesuai dengan tujuannya yaitu sebagai pribadi kreatif, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, berkebhinekaan global, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x