Profil Pelajar Pancasila P5 Dalam Kurikulum Merdeka Apa Saja? Ini Link Profil Pelajar Pancasila PDF Kemdikbud

- 10 Juli 2023, 12:03 WIB
Profil Pelajar Pancasila adalah apa dalam pembelajaran, apa saja, PPT P5 dan profil Pelajar Pancasilan kebhinekaan global.
Profil Pelajar Pancasila adalah apa dalam pembelajaran, apa saja, PPT P5 dan profil Pelajar Pancasilan kebhinekaan global. /Tangkapan layar Youtube/Sekretariat Presiden/

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari profil Pelajar Pancasila adalah apa dalam pembelajaran, apa saja, PPT P5 dan profil Pelajar Pancasilan kebhinekaan global.

Ketahui profil Pelajar Pancasila P5 dalam kurikulum merdeka apa saja. Simak link Profil Pelajar Pancasila PDF.

Pendidikan di Indonesia sedang memasuki era baru, era di mana Pancasila menjadi landasan penting dalam menumbuhkan kualitas pelajar yang berkompeten di tingkat global, namun tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa.

Mengemuka inilah konsep Pelajar Pancasila yang dipelopori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Baca Juga: Login SIMPKB Cek Pengumuman Hasil PPG Daljab 2023 Hari Ini 9 Juli Jam 00.30 WIB, Apa Tahapan Selanjutnya?

Apa saja profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka? Mari kita ulas lebih lanjut.

Profil Pelajar Pancasila

Pelajar Pancasila didefinisikan sebagai perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, ada enam profil utama yang menjadi pilar dalam pendidikan Pancasila, yaitu:

1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Pancasila dipandang sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Elemen kunci dalam profil ini meliputi akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan Global

Pelajar Pancasila diharapkan mempertahankan kebudayaan luhur dan identitas bangsa, sekaligus berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Elemen kunci dalam profil ini adalah pengenalan dan penghargaan terhadap budaya, kemampuan komunikasi interkultural, dan refleksi serta tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x