Garuda Pancasila Apa Makna di Balik Simbolnya? Sejarah Lahirnya Pancasila yang Dilambangkan Burung Garuda

- 1 Juni 2023, 15:20 WIB
Garuda pancasila apa makna di balik simbol-simbolnya? Sejarah  hari lahirnya pancasila pada 1 Juni yang dilambangkan dengan burung garuda pancasila.
Garuda pancasila apa makna di balik simbol-simbolnya? Sejarah hari lahirnya pancasila pada 1 Juni yang dilambangkan dengan burung garuda pancasila. /Freepik.com/@freepik

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai makna di balik simbol burung Garuda Pancasila dan sejarah hari lahirnya pancasila.

Seperti yang kita ketahui bahwa 1 Juni merupakan hari diperingati lahirnya Pancasila. Sejarah mengapa 1 Juni menjadi hari lahirnya pancasila karena adanya sidang BPUPKI kedua.

Dikutip dari laman www.djkn.kemenkeu.go.id BPUPKI atau dalam bahasa jepangnya dinamakan Dokuritsu Junbi Cosakai adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI adalah badan yang dibentuk oleh Jepang saat menjajah Indonesia sebagai rekayasanya untuk mendapatkan dukungan rakyat Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

BPUPKI dibentuk pada tanggal pada 29 April 1945. Sidang BPUPKI pertama berlangsung pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 dan membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia. 

Baca Juga: 17 Link Download Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 Bingkai Foto Terbaru, Dapat Diunggah di WA, IG, dan FB

Sidang pertama tersebut menghasilkan gagasan yang disampaikan oleh tiga tokoh nasional yaitu Bapak Mohammad Yamin, Prof. dr. Soepomo, dan Ir Soekarno. Terjadi perdebatan yang sengit untuk menghasilkan rumusan dasar negara tersebut.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x