Apa Pendapat Anda tentang Guru Penggerak? Ini Contoh Jawaban, Pengertian, dan Tujuan Program Kemdikbud Ini

- 5 Agustus 2023, 12:48 WIB
Ini jawaban pertanyaan apa pendapat Anda tentang guru penggerak, beserta pengertian dan tujuan program Kemdikbud ini.
Ini jawaban pertanyaan apa pendapat Anda tentang guru penggerak, beserta pengertian dan tujuan program Kemdikbud ini. /Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud

BERITA DIY - Berikut jawaban mengenai pertanyaan apa pendapat Anda tentang guru penggerak, pengertian dan tujuan program Kemdikbud ini.

Salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah Pendidikan Guru Penggerak.

Melansir dari laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Selain itu, guru penggerak juga memotivasi guru lain untuk menerapkan pendekatan belajar yang berfokus pada siswa dan menjadi contoh dan agen perubahan dalam ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil siswa Pancasila yang ideal.

Baca Juga: Contoh Modul Aksi Nyata 3.2 Program Guru Penggerak di Kurikulum Merdeka Belajar 2023

Kriteria umum dari guru penggerak beberapa diantaranya yakni guru yang merupakan ASN maupun NON-ASN, baik dari sekolah negeri maupun swasta, yang berada dalam jenjang pendidikan formal TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang memiliki surat ijin mengajar, Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS), baik yang memiliki status definitif sebagai ASN maupun NON-ASN, baik dari sekolah negeri maupun swasta, dalam jenjang pendidikan formal TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, dan memiliki profil guru di sistem informasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Adapun guru tujuan guru penggerak yaitu:

1. Mendorong komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah dan lingkungannya.

2. Menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain untuk pengembangan pembelajaran di sekolah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x