Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Kurikulum Merdeka Tabel 1.4 Perbandingan LHO - Eksplanasi

- 1 Agustus 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 13 Kurikulum Merdeka Semester 1 Tabel 1.4 perbandingan antara teks LHO dan eksplanasi.
Ilustrasi - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 13 Kurikulum Merdeka Semester 1 Tabel 1.4 perbandingan antara teks LHO dan eksplanasi. /PEXELS/Yaroslav Shuraev

BERITA DIY - Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 13 Kurikulum Merdeka Semester 1 Tabel 1.4 perbandingan antara teks LHO dan eksplanasi.

Pada halaman 13, siswa kelas 10 SMA akan diminta untuk mengisi perbandingan antara kedua teks dalam Tabel 1.4. Siswa dapat menemukan kunci jawaban Bahasa Indonesia halaman 13 di sini.

Materi ini dipelajari di Semester 1 pada sekolag yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Siswa akan diminta untuk membaca teks Laporan Hasil Observasi (LHO) berjudul "Kunang-kunang" dan teks eksplanasi berjudul “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”.

Kunci jawaban yang tersaji dapat dijadikan sebagai referensi ketika siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di halaman 13, yakni untuk membandingan teks LHO dan eksplanasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 7 Kurikulum Merdeka Tabel 1.3 Isian Hasil Analisis Struktur

Teks LHO umumnya memiliki ciri-ciri penggunaan bahasa ilmiah yang jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini terdiri dari 3 struktur, yakni klasifikasi, deskripsi bagian, dan deskripsi kesimpulan.

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses bagaimana dan mengapa suatu fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial, terjadi.

Soal bersumber dari buku paket Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas X Semester 1 berbasis Kurikulum Merdeka cetakan tahun 2021.

Inilah kunci jawaban buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 13, dikutip BERITA DIY dari alumnus FKIP Universitas Jember, Arum Ariyani, S.Pd.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x