Contoh Soal UTBK 2023 Tes Potensi Skolastik Penalaran Umum Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

- 24 April 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi. Tes potensi skolastik masuk dalam materi UTBK - SNBT 2023 bersama dengan literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penalaran matematika.
Ilustrasi. Tes potensi skolastik masuk dalam materi UTBK - SNBT 2023 bersama dengan literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penalaran matematika. /Pexels/@lil artsy

BERITA DIY - Jelang UTBK 2023, banyak yang mencari cotoh tes skolastik SMA, soal tes skolastik PDF dan contoh soal TPS UTBK.

Berikut ada contoh soal UTBK 2023 tes potensi skolastik penalaran umum dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan.

Tes potensi skolastik masuk dalam materi UTBK - SNBT 2023 bersama dengan literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penalaran matematika.

 

Jadi, apa itu tes potensi skolastik? TPS adalah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan berpikir siswa sekolah calon mahasiswa baru untuk memahami dan bernalar yang diperlukan di lingkungan akademik perguruan tinggi.

Baca Juga: Contoh Soal Penalaran Umum UTBK SNBT 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Cocok untuk Latihan di Rumah

Dilansir dari laman Badan Pengelola Pengujian Pendidikan (BP3) penyelenggara Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), TPS terdiri dari 4 komponen yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum serta pengetahuan kuantitatif.

Dalam kemampuan penalaran umum TPS akan ada 3 komponen lagi yakni penalaran induktif, penalaran deduktif dan penalaran kuantitatif.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x