Bantuan Kuota Gratis Tambahan Desember 2021 Cair Hari Ini, Berikut 4 Cara Cek Subsidi Kuota Internet Kemdikbud

- 13 Desember 2021, 19:10 WIB
Terdapat 4 cara cek bantuan subsidi kuota internet Kemdikbud yang terakhir cair hari ini 13 Desember 2021.
Terdapat 4 cara cek bantuan subsidi kuota internet Kemdikbud yang terakhir cair hari ini 13 Desember 2021. /Tangkap layar Instagram.com/@kemdikbud.ri

BERITA DIY – Bantuan subsidi kuota internet tambahan periode bulan Desember 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) sudah mulai cair ke siswa, guru, mahasiswa, dan dosen sejak 11 Desember 2021 dan berakhir pada 15 Desember 2021.

Bantuan paket kuota data internet ini berlangsung sejak September hingga Oktober 2021. Namun, pemberian kuota gratis ini kemudian dilanjutkan pada Desember 2021 sebagai subsidi kuota data internet tambahan pada Tahun 2021.

Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyaluran Bantuan Kuota Data Internet tambahan pada Tahun 2021, pada bulan Desember 2021 Kemendikbudristek menambah besaran kuota yang diberikan.

Baca Juga: Siap-Siap! Bantuan Subsidi Kuota Internet Cair Sebentar Lagi 11-15 Desember 2021

Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, pemberian tambahan kuota ini guna mendukung proses pembelajaran yang berlangsung secara kombinasi antara tatap muka terbatas dan PJJ saat ini. 

"Kami melihat besarnya manfaat bantuan kuota data ini untuk mendukung proses pembelajaran yang berlangsung secara kombinasi antara tatap muka terbatas dan PJJ saat ini. Maka kami memutuskan untuk memberikan tambahan bantuan di bulan Desember," disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu 8 Desember 2021.

Lebih lanjut, Nadiem menjelaskan penyesuaian jumlah kuota data yang diberikan pada periode tambahan ini. Bagi Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan kuota data sebesar 3 (tiga) gigabit/bulan. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mendapatkan kuota data sebesar 4 (empat) gigabit/bulan.

Baca Juga: Kuota Internet Kemendikbud Tetap Diberikan pada Desember 2021: Simak Besaran dan Cara Cek Semua Operator

"Untuk Guru jenjang PAUD Dikdasmen, Mahasiswa, dan Dosen akan mendapatkan tambahan bantuan kuota data internet sebesar lima gigabit per bulan," kata Mendikbudristek.

Adapun sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya. "Silakan digunakan seoptimal mungkin untuk mengakses materi-materi belajar yang tersedia baik di portal Rumah Belajar atau berbagai kanal edukasi lainnya," pesan Mendikbudristek.

Perlu diketahui jika subsidi kuota yang akan cair bertahap mulai 11 Desember mendatang merupakan kuota tambahan yang diberikan Kemendikbudristek yang mana memiliki masa berlaku 30 hari terhitung sejak diterima.

Nantinya, masing – masing penerima akan mendapatkan SMS dari pihak Kemdikbud yang menyatakan tentang besaran subsidi kuota internet, masa berlaku, dan layanan call center jika membutuhkan informasi lain.

Untuk mengetahui apakah kamu sudah mendapatkannya atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui cara-cara berikut ini.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x