Film Tilik Diapresiasi Joko Anwar, Ini Katanya

- 20 Agustus 2020, 14:50 WIB
TOKOH Film Tilik, dari kiri, Bu Tejo, Bu Tri, Yu Sam, dan Yu Ning.*
TOKOH Film Tilik, dari kiri, Bu Tejo, Bu Tri, Yu Sam, dan Yu Ning.* /Tangkapan layar YouTube Ravacana Films

BERITA DIY - Bu Tejo dan Film Pendek Tilik (2018) masih betah berada di trending topik Twitter Indonesia, dari tanggal 17 Agustus 2020 kemarin sampai siang ini, Kamis 20 Agustus 2020. Diunggah di kanal YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020, film berdurasi 32 menit yang isinya ibu-ibu bergosip di atas truk telah mencapai 1 juta penonton.

Joko Anwar merupakan salah satu penonton dari angka 1 juta itu. Sutradara kenamaan tanah air yang telah melahirkan film-film taraf Internasional itu juga mengajak warga net menyambangi Ravacana Films lewat film pendek Tilik.

Melalui akun Twitter @jokoanwar, dirinya memberikan sedikit ulasan pujian atas film pendek produksi tahun 2018 itu yang memang pantas menjadi trending. Sederhana tapi gigit, katanya.

Baca Juga: Viral Bu Tejo dalam Film Tilik Trending di Twitter, Begini Sosoknya

Barusan nonton film pendek TILIK. Fresh, delightful. Setting ceritanya cukup brilian. Sederhana tapi gigit. Believable dengan acting yang asyik,” cuitnya mengawali pujian.

Film Pendek Tilik ini isinya sederhana namun dikemas sangat epik hingga semua penonton bisa relate dengan pesan yang disampaikan film. Walau selama film setting-nya hanya sebuah perjalanan di atas bak truk, tapi isi percakapan selama perjalanan itulah yang menjadi panggung utama cerita.

Mengangkat budaya Yogyakarta dengan bahasa jawa lokal yang kental dan bahasa keseharian hingga menggosipi anak tetangga yang tidak ada habisnya dari awal perjalanan hingga akhir.

Baca Juga: Viral Video Payudara Adhisty Zara Diremas, Begini Tanggapan Sang Ibu

Believable dengan acting yang asyik. Bisa dipahami jika trending. Kadang real, kadang sengaja karikatural, tapi selalu menggelitik. Tonton lah,” pungkas Joko Anwar di cuitannya.

Film Pendek Tilik bercerita tentang perjalanan Bu Tejo dan rombongan ibu-ibu di atas bak truk yang mau tilik (menjenguk) Bu Lurah di rumah sakit. Keseruan cerita dimulai ketika Bu Sam, salah satu ibu-ibu rombongan, melontarkan pertanyaan tentang Dian, gadis desa yang tak kunjung nikah, ‘Fikri ki karo Dian ki opo bener sesambungan to, Bu?’ tanpa tendeng aling-aling Bu Tejo menyahut obrolan dengan begitu baiknya, seperti menyiram api dengan bensin.

Halaman:

Editor: Ina Nurhayati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x