Terungkap! Inilah Identitas Bocah yang Dikira Orang China di Uang Rp 75.000

- 19 Agustus 2020, 17:43 WIB
Uang Rp 75 ribu yang dituding ada baju adat dari China.
Uang Rp 75 ribu yang dituding ada baju adat dari China. /Twitter

BERITA DIY - 17 Agustus 2020 kemarin Bank Indonesia (BI) secara resmi telah mengeluarkan uang kertas edisi khusus Kemerdekaan Indonesia Ke-75 nominal Rp75.000. Sesaat setelah peluncuran ilustrasi uang edisi khusus itu banyak warga net salah kaprah kalau ada baju adat China yang digunakan di halaman belakang uang.

Faktanya, baju itu sama sekali bukan baju adat China. BI meyakinkan bahwa baju itu merupakan baju adat asli Indonesia dari Suku Tidung,Tarakan, Kalimantan Utara.

Baju adat Suku Tidung itu dikenakan oleh seorang bocah laki-laki yang gambarnya disematkan di bagian tengah. Sosok bocah bermata sipit dan memakai baju adat yang masih asing di mata masyarakat Indonesia itu ternyata anak asli tanah Tarakan, Kalimantan Utara.  Namanya Muhammad Izzam Athaya.

Baca Juga: Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang V Capai 1,3 Juta Orang, Pendaftaran Ditutup Minggu, 23 Agustus

Juru Bicara (Jubir) Kepresidenan, Fadjroel Rachman, melalui akun pribadi Instagram @fadjroelrachman meneruskan caption Tommy Lebang dari @redaksiindonesia, berbagi kisah dibalik Muhammad Izzam Athaya bisa ada di dalam gambar uang edisi khusus HUT RI Ke-75.

Saya cukup iri kepada anak ini. Namanya Muhammad Izzam Athaya, masih duduk di bangku sekolah dasar, SD 041 Tarakan, Kalimantan Utara. Sekecil itu, wajahnya sudah terpampang di lembaran mata uang Republik Indonesia – uang baru Rp75.000,” tulis Tommy Lebang di caption-nya,  Rabu, 19 Agustus 2020.

Baca Juga: Fantastis, Segini Jumlah Donasi J-Hope BTS untuk Anak-Anak Korban Covid-19

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Saya cukup iri kepada anak ini. Namanya Muhammad Izzam Athaya, masih duduk di bangku sekolah dasar, SD 041 Tarakan, Kalimantan Utara. Sekecil itu, wajahnya sudah terpampang di lembaran mata uang Republik Indonesia -- uang baru Rp75.000. Entah bagaimana mulanya, ia didatangi satu tim dari Jakarta, tepat setahun yang lalu. Ia difoto mengenakan baju adat suku Tidung, Kaltara, nama suku keluarga besarnya. Izzam kecil akan mengenang dengan manis wajah bocahnya sendiri. Diabadikan di lembaran kertas berharga dengan benang pengaman, beredar dari tangan ke tangan, tersimpan di brankas-brankas, mungkin nanti terjulur keluar dari mesin-mesin ATM di seantero negeri. Bertahun-tahun sampai kelak ia dewasa. Untuk Izzam, selamat ya. @redaksiindonesia Tommy Lebang

A post shared by Fadjroel Rachman (@fadjroelrachman) on

 

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x