BMKG Himbau Siapkan Tas Siaga Bencana, Apa Saja Isinya?

- 19 Agustus 2020, 09:35 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). /BMKG/

BERITA DIY - Merespon bencana gempa yang terjadi di Bengkulu bermagnitudo 6,9 pada 19 Agustus 2020 pukul 05:23 WIB, BMKG memastikan gempa berkedalaman 10 Km itu tidak berpotensi tsunami.

Di cuitan terbarunya @infoBMKG hari ini, 19 Agustus 2020, BMKG menghimbau masyarakat untuk belajar bertindak preventif sebelum bencana datang. Karena kita sepakat jika bencana datang disaat yang tidak kita duga.

Bentuk tindakan preventif yang diajarkan adalah menyiapkan Tas Siaga Bencana. Tindakan ini adalah usaha kita dalam mempersiapkan diri sebelum bencana datang dengan cara menyiapkan sebuah tas yang berisi benda-benda penting dan berguna ketika terjadi bencana.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 6,9 SR Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Apa saja benda penting dan berguna yang wajib ada di dalam Tas Siaga Bencana menurut BMKG, simak penjelasan berikut:

1. Tas berbahan tahan air

Himbaun pertama dari BMKG kita perlu punya tas berbahan tahan air, disarankan model ransel. Tas ini berguna di banyak situasi, baik bencana banjir, gempa, atau tanah longsor. Pilihlah tas tahan air dengan bahan dari Teflon (ePTEE) atau Polyurethane (PU). Ada beberapa jenis kain yang memiliki tingkat anti airnya tinggi (water resistant), kain Gore Tex, kain Taslan Balon, kain Parasut Balon, dan kain Ripstop Balon.

2. Sortir dokumen dan surat penting

Baiknya diisi dengan fotokopi dari dokumen-dokumen yang dianggap penting. Seperti fotokopi dari surat tanah, buku tabungan, ijazah, akte, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Surat dari mantan tak perlu disertakan, kata BMKG.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi Cerah Berawan

Halaman:

Editor: Ina Nurhayati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x