Lirik Lagu Mengheningkan Cipta untuk Lagu Wajib Malam Tirakatan atau Upacara 17 Agustus 2022

- 16 Agustus 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi: Simak lirik lagu Mengheningkan Cipta untuk upacara bendera 17 Agustus 2022 atau saat tirakatan peringatan HUT ke - 77 RI.
Ilustrasi: Simak lirik lagu Mengheningkan Cipta untuk upacara bendera 17 Agustus 2022 atau saat tirakatan peringatan HUT ke - 77 RI. /Youtube.com/Sekretariat Presiden

BERITA DIY – Simak lirik lagu Mengheningkan Cipta untuk lagu wajib di malam tirakatan peringatan HUT ke – 77 RI atau upacara 17 Agustus 2022.

Ketahui bagaimana lirik lagu Mengheningkan Cipta yang sering menjadi salah satu lagu wajib nasional saat malam tirakatan atau ketika upacara bendera 17 Agustus 2022 tersebut.

Lagu Mengheningkan Cipta sering dibawakan ketika malam tirakatan HUT RI atau upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

Pada susunan upacara bendera, lagu Mengheningkan Cipta biasanya akan dinyanyikan oleh regu koor setelah pengibaran bendera Merah Putih.

Baca Juga: Lirik Lagu Mengheningkan Cipta, Lengkap dengan Chord Kunci Gitar untuk Memperingati HUT RI ke 77

Adapun lagu Mengheningkan Cipta sendiri pertama kali dibawakan untuk menghormati jasa pahlawan yaitu di tahun 1958.

Hal tersebut dilakukan Presiden Soekarno saat upacara peringatan Hari Pahlawan di Ambon juga untuk mengumpulkan dukungan dalam rangka pembebasan Irian Barat.

Kemudian hingga kini lagu Mengheningkan Cipta selalu ada pada setiap upacara bendera, termasuk pada upacara bendera 17 Agustus 2022 mendatang.

Melansir dari kemdikbud.go.id, pada pedoman upacara bendera peringatan HUT ke – 77 RI tahun 2022, mengheningkan cipta dilaksanakan setelah pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Baca Juga: Susunan Acara Upacara 17 Agustus 2022 HUT RI Kemerdekaan Indonesia, Ini Urutan Kegiatan Pengibaran Bendera

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x