Kemendagri Diminta Terbitkan Aturan Teknis Pemilihan Pejabat Kepala Daerah agar Transparan

- 24 Mei 2022, 15:30 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. Kemendagrri diminta terbitkan aturan teknis pemilihan pejabat kepala daerah agar transparan dan terbuka untuk publik.
Ketua DPR RI Puan Maharani. Kemendagrri diminta terbitkan aturan teknis pemilihan pejabat kepala daerah agar transparan dan terbuka untuk publik. /PRMN/HO/DPR RI

BERITA DIY - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk memilih penjabat kepala daerah secara selektif.

Iaa juga mengingatkan pemerintah untuk melibatkan partisipasi publik dalam melakukan proses pemilihan pejabat daerah dan melakukan seleksi secara transparan.

Proses penyaringan orang-orang yang nantinya akan memimpin suatu daerah ini harus dilakukan dengan menyesuaikan karakteristik daerah tersebut.

“Siapkan sarana yang memadai apabila masyarakat hendak memberi masukan dan lakukan penyaringan secara terukur dan terbebas dari kepentingan politik,” ujar Puan.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Apresiasi Capaian Indonesia yang Masuk 3 Besar SEA Games 2021

 Menurutnya, penting sekali bagi Pemerintah menetapkan Penjabat Kepala Daerah yang memahami kebutuhan sosial dan ekonomi di daerah yang akan dipimpinnya.

Sebelumnya Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar pemilihan penjabat kepala daerah dilakukan secara selektif. Puan meminta Pemerintah melakukan proses seleksi secara transparan dan terbuka bagi partisipasi publik.

“Siapkan sarana yang memadai apabila masyarakat hendak memberi masukan dan lakukan penyaringan secara terukur dan terbebas dari kepentingan politik,” ujar Puan.

Puan berharap Pemerintah cermat dalam proses penyaringan dan menetapkan Pejabat Daerah dengan kemampuan yang sesuai dengan karakteristik daerah. Menurutnya, penting sekali bagi Pemerintah menetapkan Penjabat Kepala Daerah yang memahami kebutuhan sosial dan ekonomi di daerah yang akan dipimpinnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x