Bagaimana Evaluasi Mudik 2022? Ini Kata Pengamat dan Saran Ketua DPR pada Arus Balik

- 9 Mei 2022, 22:07 WIB
Apakah mudik 2022 lancar? Simak evaluasi dari pengamat dan saran Ketua DPR RI Puan Maharani di sisa masa arus balik Lebaran.
Apakah mudik 2022 lancar? Simak evaluasi dari pengamat dan saran Ketua DPR RI Puan Maharani di sisa masa arus balik Lebaran. /PRMN/HO/DPR RI

BERITA DIY - Lebaran 2022 hampir usai. Sebagian besar masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas masing-masing. Para pemudik juga sudah mulai menjalani arus balik.

Situasi dan kondisi fasilitas mudik Lebaran 2022 menjadi perhantian banyak pihak lantara mencatatkan rekor jumlah terbanyak.

Lantas, bagaimana evaluasi mudik 2022? Simak pendapat pengamat dan saran Ketua DPR RI di sisa masa arus balik ini.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Minta Pelayanan Bagi Pemudik di Arus Balik Harus Tetap Optimal

Mayoritas pemudik menggunakan moda transportasi darat dan melalui jalan tol. Sejumlah skema diberlakukan dan hasilnya musim mudik 2022 jadi lebih terkendali. 

"Upaya manajemen prioritas dengan rekayasa lalu lintas yang dilakukan di jalan Tol Trans Jawa berupa ganjil genap, arus searah (one way) dan arus berlawanan arah (contra flow) sudah maksimal.” kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno.

Pengelola jalan tol, Jasa Marga mencatat 1,7 juta kendaraan keluar Jabodetabek sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Angka ini lebih tinggi 9.5% dari tahun 2019 dan memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik.

Baca Juga: Pakar Menilai Pertemuan Megawati dan Prabowo untuk Pilpres 2024 Prabowo-Puan Maharani?

Badan Litbang Perhubungan (Maret 2022), merilis pilihan jalur yang dilalui pemudik adalah, Tol Trans Jawa 24,1 persen.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x