Megawati-Puan Maharani Terima Silaturahmi Prabowo di Halal Bihalal Lebaran 2022, Apa Jadi Embrio Menuju 2024?

- 8 Mei 2022, 13:08 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani menerima kunjungan silaturahmi dari Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani menerima kunjungan silaturahmi dari Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto /Instagram.com/@puanmaharani

BERITA DIY - Lebaran 2022 ini, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani menerima kunjungan silaturahmi dari Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, 2 Mei 2022.

Dalam silaturahmi atau halal bihalal Lebaran 2022 kemarin, Megawati didampingi Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Sementara Prabowo didampingi Didit Hediprasetyo dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Emrus Sihombing, pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) menafsirkan jika silaturahmi pada Lebaran 2022 Megawati-Prabowo adalah pertemuan informal.

Baca Juga: Puan Maharani Bongkar Resep Rendang Ayam Buatan Megawati yang Biasa Dihidangkan saat Lebaran

Dalam pertemuan informal, segala hal bisa diperbincangkan sepanjang berkesesuaian dengan kepentingan para pihak. Hal itu berbeda dengan pertemuan formal yang lebih kaku karena ada koridor protokoler.

"Saya melihat ini pertemuan informal. Biasanya pertemuan informal itu lebih dekat secara psikologis, sosiologis, dan antropologis," ujar Emrus di Jakarta, 6 Mei 2022.

Menurutnya, hal itu juga menjadi bukti adanya kedekatan antara PDIP dan Partai Gerindra. Pertemuan informal mensyaratkan adanya kedekatan psikologis. Pertemuan itu juga bisa menjadi embrio kerja sama politik dalam menghadapi Pilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Baca Juga: Puan Maharani Kisahkan Sejarah Istilah Halal Bihalal dari KH Wahab Hasbullah dan Peran Bung Karno

"Ini akan produktif dalam komunikasi politik ke depan dalam rangka pemasangan capres-cawapres," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x