Jadwal Sidang Isbat Idul Fitri 1 Mei 2022, Lebaran Tanggal Berapa versi Pemerintah, NU, Muhammadiyah

- 19 April 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kapan Lebaran 2022 versi pemerintah, NU, dan Muhammadiyah beserta jadwal Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri.
Ilustrasi kapan Lebaran 2022 versi pemerintah, NU, dan Muhammadiyah beserta jadwal Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri. /PIXABAY/@GDJ/ 10806 images

BERITA DIY - Simak jadwal Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri yang ditetapkan tanggal 1 Mei 2022 oleh Kemenag beserta Lebaran jatuh pada tanggal berapa versi pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan kapan jadwal Sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah atau Lebaran 2022. Pelaksanaan diagendakan pada hari Minggu, 1 Mei 2022.

Penetapan Hari Raya Idul Fitri atau tanggal 1 Syawal 1443 Hijriyah harus melalui kesepakatan Sidang Isbat yang baru akan dihelat pada Ahad di hari pertama bulan Mei tersebut oleh Kemenag. Namun bagaimana dengan lebaran versi NU dan Muhammadiyah?

Baca Juga: Doa Niat Bayar Zakat Fitrah 2022 untuk Diri Sendiri, Keluarga, Istri, Anak Laki-laki hingga Anak Perempuan

Baca Juga: Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap dengan Besaran yang Harus di Bayar di DKI Jakarta dan Jawa Barat

Sebelumnya, Sidang Isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui pemantauan (rukyatul) hilal. Hal ini dijelaskan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Alasan mengapa pemerintah melaksanakan Sidang Isbat pada tanggal 1 Mei 2022 karena bertepatan dengan 29 Ramadhan 1443 Hijriyah. Sesuai ketentuan, pemantauan hilal memang harus dilakukan pada tanggal 29.

"Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," jelas Kamaruddin di Jakarta, Senin, 18 April 2022, dilansir dari laman kemenag.go.id.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Idul Fitri 1443 H Kemenag Beserta 99 Lokasi Pemantauan Hilal dan Kapan Lebaran 2022?

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Witir saat Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan, Tulisan Latin, Arab, dan Arti Indonesia

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x