Profil Wiji Thukul, Penyair cum Aktivis yang Lahir 26 Agustus 1963: Karya dan Kisahnya Dihilangkan Orba

- 26 Agustus 2021, 18:02 WIB
Wiji Thukul dikenang sebagai simbol perlawanan kepada penguasa rezim militeristik-otoritarian dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).
Wiji Thukul dikenang sebagai simbol perlawanan kepada penguasa rezim militeristik-otoritarian dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM). /Tangkap layar ensiklopedia.kemdikbud.go.id/Wiji Thukul

BERITA DIY - Wiji Thukul, seorang penyair sekaligus aktivis anti-otoriter Orde Baru (Orba) lahir hari ini 58 tahun yang lalu. Tepatnya pada 26 Agustus 1963 di Solo, Jawa Tengah.

Kini, Wiji Thukul dikenang sebagai simbol perlawanan kepada penguasa rezim militeristik-otoritarian dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

Wiji Thukul adalah satu dari 13 aktivis, pemuda, dan mahasiswa yang dihilangkan negara menjelang kejatuhan Soeharto. Hingga kini, para keluarga korban menagih keadilan kepada pemerintah melalui Aksi Kamisan.

Baca Juga: Profil Singkat Jokowi atau Joko Widodo: Presiden RI Ketujuh yang Lahir Hari Ini, 60 Tahun yang Lalu

Profil Wiji Thukul

Berasal dari kampung kota di Solo, Wiji Thukul adalah anak dari tukang becak. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara.

Setelah berhasil menamatkan SMP (1979), Wiji Thukul kemudian masuk Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Jurusan Tari, tetapi keluar (drop-out) pada tahun 1982.

Setelah itu, ia berjualan koran, kemudian oleh tetangganya diajak bekerja di sebuah perusahaan mebel antik sebagai tukang pelitur. Ketika bekerja sebagai tukang pelitur itu, ia sering mendeklamasikan puisinya untuk teman sekerjanya.

Baca Juga: Profil Kobe Bryant Legenda NBA dan LA Lakers dan Ode Menyentuh dari Vanessa Bryant Peringati Kematian

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x