BST, BPNT, PKH, BLT Kemensos Diperpanjang, Ini Cara Daftar dan Cek Penerima di dtks.kemensos.go.id

- 7 November 2020, 10:16 WIB
Menteri Sosial Juliari P. Batubara bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyaksikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST)
Menteri Sosial Juliari P. Batubara bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyaksikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) /Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI/

BERITA DIY - Kemensos menyiapkan Rp 87 triliun untuk bantuan sosial (bansos) di 2021. Hal tersebut sudah dianggarkan dalam APBN 2021.

Bansos yang diberikan itu berupa program Kartu Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Mensos Juliari Batubara mengatakan per hari ini pagu alokasi anggaran untuk bansos di Kemensos berkisar Rp86 triliun hingga Rp87 triliun. Namun, jumlah tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Baca Juga: Hore! BSU BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Sudah Cair, tapi Hari Ini Baru Terkirim ke Bank Ini

"Kita tidak tau apakah pagu alokasi ini diubah lagi atau tidak," katanya.

Namun, pada dasarnya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, semua kementerian dan lembaga melakukan realokasi anggaran.

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan UMKM dan Link Cek Penerima BPUM di Eform BRI eform.bri.co.id/BPUM via Online

Terkait penyaluran bansos, Ari sapaan akrab Mensos mengatakan selama dua bulan terakhir belum ada kendala yang signifikan akibat cuaca buruk di sejumlah daerah.

Untuk penyaluran secara fisik seperti bansos beras bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga telah selesai. Sedangkan yang masih berjalan saat ini semuanya nontunai.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Kemensos Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x