Shopee E-Commerce dengan Kepuasan Konsumen Tertinggi, Bukti Kepercayaan dan Inovasi

- 24 Juni 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online. /Freepik/mindandi/

BERITA DIY - IPSOS melakukan riset bertajukPengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce. Tujuan dari riset ini adalah melihatsituasi pasar digital pada awal tahun 2024 yang terusbergerak mengikuti perkembangan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Mereka yang rutin berbelanjaonline melalui berbagai e-commerce, dilibatkansebagai responden.

Tujuannya, mencari tahu aspek-aspek apa saja yang memengaruhi preferensikonsumen dalam berbelanja. Riset IPSOS melaluiOnline Panel itu menunjukkan keunggulan Shopee dalam menyediakan dan memberikan kepuasantinggi dalam hal pengalaman berbelanja online. Pengalaman belanja online dari hulu ke hilirmemengaruhi indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi.

Keunggulan Shopee dalam hal kepuasan itutercantum dalam data. Shopee (62%) dijadikanpilihan pertama untuk direkomendasikan konsumenkepada kerabat dekatnya. Posisi kedua adaTokopedia (46%). Posisi ketiga ditempati TikTok  Shop (42%). Posisi keempat ditempati Lazada (36%). Data ini semakin menegaskan Shopee sebagai e-commerce yang paling mampumemberikan kepuasan bagi para konsumen.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan, “Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakatuntuk memilih belanja online sebagai alternatif utamadalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanjaonline, para platform e-commerce pun harusmenyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlahinovasi guna menghadirkan pengalaman belanjaonline yang memuaskan bagi pengguna denganpreferensi yang semakin beragam. Melalui risetIPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skalatingkat kepuasan pengguna serta aspek apa sajayang mempengaruhi pilihan tersebut.”

Infografis kepuasan konsumen.
Infografis kepuasan konsumen.
 

Infografis kepuasan konsumen.
Infografis kepuasan konsumen.

 

 Solusi Platform E-Commerce Melengkapi Rasa Nyaman Berbelanja Online 

Komitmen para platform e-commerce dalammemberikan pengalaman berbelanja holistik terbaikbagi pengguna mendorong lahirnya sejumlah fiturdan program inovatif. Hal ini dilakukan para pemaindi industri sebagai upaya untuk memahami dan menyesuaikan platform mereka dengan kebutuhanserta preferensi konsumen yang dinamis. Setelahsebelumnya menggaet pengguna dengan beragamstrategi yang fokus terhadap aktivitas berbelanja, kiniuntuk melengkapi pengalaman belanja holistikterbaik, platform e-commerce berlomba-lomba untukmeningkatkan layanan pengiriman yang cepat dan aman, serta memastikan proses pengembalian yang mudah dan efisien.

Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 inimengungkap beberapa temuan menarik yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Temuan riset inimengungkap bahwa Shopee (60%) menjadi aplikasibelanja online atau e-commerce yang paling ungguldalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%). Maka dari itu, tidak  heran jika Program "Garansi Tepat Waktu" menjadi salah satu bentukwujud komitmen Shopee dalam memberikankepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauhmelampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah