Cek Bansos Mei 2024: PKH dan BPNT Segera Cair, Siapkan KKS Anda!

- 3 Mei 2024, 19:08 WIB
Ilustrasi. Cara cek bansos Mei 2024 ada PKH dan BPNT segera cair. Maka dari itu, siapkan KKS Anda!
Ilustrasi. Cara cek bansos Mei 2024 ada PKH dan BPNT segera cair. Maka dari itu, siapkan KKS Anda! /Pixabay/WonderfulBali

BERITA DIY - Berikut cara cek bansos Mei 2024 ada PKH dan BPNT segera cair. Maka dari itu, siapkan KKS Anda!

Bantuan sosial (bansos) berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan segera cair pada Mei 20241. Masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) dua bansos ini bisa segera bersiap.

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tujuan pemberian bansos PKH untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga: Link Cek Bansos BPNT 2024 Akses Bantuan Sosial Kemensos Bulan Mei 2024 di cekbansos.kemensos.go.id

PKH disalurkan tiga bulan sekali dan bulan Mei menjadi pencairan PKH untuk yang kedua kali pada tahun 2024. PKH tahap 2 akan diberikan kepada 10 juta KPM seluruh Indonesia.

Besaran bansos PKH antar KPM bisa berbeda-beda, tergantung kriteria atau kategori KPM-nya. Paling sedikit adalah KPM dengan anggota keluarga anak usia SD yaitu Rp 225 ribu per tiga bulan.

Sementara nominal PKH yang paling besar diberikan kepada KPM dengan kategori ibu hamil/nifas dan anak usia dini 0-6 tahun sebesar Rp 750 ribu/tiga bulan.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT alias bantuan sembako akan segera cair pada Mei 2024. Setiap penerima akan mendapatkan bansos sebesar Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu. Dua bansos PKH dan BNPT disalurkan ke rekening masing-masing KPM dengan besaran Rp 200 ribu hingga Rp 750 ribu.

Baca Juga: BLT PKH 2024 Tahap 3 Kapan Cair? Ini Jadwal dan Cara Cek Bansos Kemensos

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah