BPNT Tahap 1 Cair Januari 2024, Cek Mekanisme dan Daftar Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

- 5 Januari 2024, 15:24 WIB
BPNT Tahap 1 cair Januari 2024 cek mekanisme pencairannya dan cek daftar penerimanya di sini.
BPNT Tahap 1 cair Januari 2024 cek mekanisme pencairannya dan cek daftar penerimanya di sini. /PEXELS / Robert Lens

BERITA DIY -   Januari 2024 ini pemerintah masih berupaya menyalurkan bansos bagi keluarga yang kurang mampu. Simak di sini untuk penjelasan mekanisme dan cara cek daftar penerima. 

Januari 2024 ini penyaluran bansos masih akan dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah bansos Bantuan Pangan Non Tunai yang dijadwalkan cair bulan ini. BNPT tahap 1 ini akan cair senilai Rp 400.000 

Hal ini dikarenakan adanya sistem rapel dari pemerintah. Yang pada akhirnya penerima akan mendapatkan bantuan dengan jumlah tersebut. 

BNPT dari pemerintah ini ditujukan kepada para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di seluruh Indonesia. Tujuan dari adanya BPNT dari pemerintah ini adalah sebuah dukungan ekonomi dimana sang penerima manfaat bisa menggunakan uang bantuan tersebut untuk membeli bahan pokok. 

Baca Juga: Bansos BPNT 2024 Cair Rp2,4 Juta Buat Pemilik KTP Ini, Cek Daftar Penerima Login cekbansos.kemensos.go.id

Namun yang perlu digaris bawahi adalah penerima BPNT ini adalah mereka yang terdaftar di DTKS Kemensos RI. DTKS ini merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Yang mana penerima ini ditetapkan sebagai penerima dana Bansos PKH dan BPNT oleh Kemensos RI. 

Untuk para KPM yang terdaftar di Kemensos RI sebagai penerima BPNT ini, bisa mencairkan lewat Kartu Keluarga Sejahtera di Bank Himbara yang terdiri dari Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN. Dimana nominal tersebut merupakan rapelan dua bulan sekali. 

Sedangkan apabila KPM yang melakukan pencairan dananya lewat PT Pos Indonesia atau Kantor Pos adalah sistem rapelan tiga bulan dari pemerintah. Sehingga nominal yang didapatkan oleh KPM yang mencairkan lewat PT Pos Indonesia sejumlah Rp 600 ribu. 

Lalu, bagaimana cara cek penerima BPNT ini? Simak di bawah ini ya untuk penjelasan selengkapnya! 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x