Apa Itu SIKP dalam Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023, Kapan SIKP OJK Muncul dan Solusi Kendalanya?

- 24 November 2023, 10:45 WIB
Cek fungsi SIKP adalah apa saat pengajuan pinjaman KUR BRI 2023, kapan SIKP OJK muncul, dan solusi kendala tidak bisa top up KUR 100 juta.
Cek fungsi SIKP adalah apa saat pengajuan pinjaman KUR BRI 2023, kapan SIKP OJK muncul, dan solusi kendala tidak bisa top up KUR 100 juta. /Tangkap layar bri.co.id

BERITA DIY - Berikut infomasi apa itu SIKP dalam pengajuan pinjaman KUR BRI 2023, kapan SIKP OJK muncul, dan solusi kendala tidak bisa top up KUR.

Sistem Informasi Kredit Program disingkat SIKP adalah sistem aplikasi yang mendata Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mana saja yang telah meminjam KUR atau kredit subsidi di bank yang terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dilansir dari kur.ekon.go.id/sikp-kur, aplikasi SIKP Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditujukan agar penyaluran dan pembayaran subsidi bunga KUR tepat sasaran.

Perubahan status data SIKP masuk dalam wewenang bank mitra kerja yang mana pihak OJK-lah yang bisa mengupdatenya di aplikasi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman KUR di Bank BRI dan BSI untuk Usaha yang Baru Dimulai Belum 6 Bulan

Kapan SIKP KUR muncul dalam pengajuan pinjaman di bank?

SIKP akan muncul saat:

1. Pernah atau sedang menikmati kredit modal kerja/investasi di BRI atau lembaga perbankan lain.

2. Pernah atau sedang menikmati kredit subsidi bunga lainnya dari pemerintah seperti PNM Mekaar, Komida, dan/atau kredit KUR di bank lain atau Pegadaian.

3. Masih memiliki sisa pinjaman KUR yang belum dilunasi.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x